PENDAMPINGAN DALAM PENINGKATAN PENGELOLAAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH PEYEK MAK’A ABID JAKARTA

Anisa Rahmawati, Indrani Dharmayanti

Abstract


Abstract.  Increasing the competitiveness of Small and Medium Industries (IKM), especially in the food and beverage sector, is important to do. The food and beverage sector is one of the leading commodities in the country that needs to improve its competitiveness and has an important role in improving the national economy. To increase the competitiveness of food products, improvements can be made to the appearance of packaging and attractive promotions. In addition, it is also necessary to have an organized workplace that can increase work productivity. Peyek Mak'a Abid is one of the food IKMs located in Jakarta which still has some problems in running its industry. These problems include unattractive trademark logos, unattractive product packaging designs, lack of product photos used for marketing, and production sites that are not well organized. This assistance activity aims to improve the management of IKM Peyek Mak'a Abid by solving the problems experienced. The implementation method starts with a baseline assessment, continues with training, consultation and coaching, and ends with an evaluation. Mentoring activities are carried out both offline and online during the August-November 2022 period. The results of the assistance are in the form of making a new brand logo, labels for packaging displays, product photos, and making price lists as marketing tools, as well as implementing 5S in production sites.

 

Abstrak. Peningkatan daya saing pada Industri Kecil dan Menengah (IKM), khususnya pada sektor makanan dan minuman penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan sektor makanan dan minuman merupakan komoditas unggulan serta memliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian nasional. Untuk meningkatkan daya saing pada produk makanan dapat dilakukan perbaikan pada tampilan kemasan serta promosi yang menarik. Selain itu juga diperlukannya tempat kerja yang terorganisasi yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Peyek Mak’a Abid merupakan salah satu IKM makanan yang berlokasi di Jakarta yang masih memiliki beberapa masalah dalam menjalankan industrinya. Permasalahan tersebut diantaranya adalah logo merek dagang yang kurang menarik, desain kemasan produk yang kurang menarik, belum adanya foto produk yang digunakan untuk melakukan pemasaran, serta tempat produksi yang belum teroganisasi dengan baik. Kegiatan pendampingan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan IKM Peyek Mak’a Abid dengan menyelesaikan permasalahan yang dialami. Metode pelaksanaan dimulai dengan baseline assessment, dilanjutkan dengan pelatihan, konsultasi dan coaching, dan diakhiri dengan evaluasi. Kegiatan pendampingan dilakukan secara luring maupun daring selama periode Agustus- November 2022. Hasil pendampingan berupa pembuatan logo merek baru, label untuk tampilan kemasan, foto produk dan pembuatan price list sebagai sarana pemasaran, serta penerapan 5R di tempat produksi.

 

 

Keywords


Small and Medium Industries; brand logo; IKM; logo merek; 5R

Full Text:

PDF

References


Aini, & Made Sriasih. (2021). Sosialisasi Pemahaman Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Dan Rajin) di Pt Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 519–523. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1252

Dewi, I. P., & R.Pandin, M. K. (2019). Pengaruh Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen, 4(2), 1–12.

Dwi Astuti Zebua, W. (2020). Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Pendampingan IKM dalam Promosi Usaha Melalui Media Sosial. 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Efendi, S., Guridno, E., Sugiono, E., & Sufyati. (2019). Penguatan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Indonesia. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Farida, E., Kholidah, N. R. J., & Sarjono, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Psikologi Warna untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memilih Warna pada Desain Kemasan Produk Prodi Manajemen FEB UNISMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(1), 40. https://doi.org/10.24036/011085220

Kementerian Perindustrian, R. I. (2021). Berperan Pulihkan Ekonomi Nasional, IKM Dipacu Masuk Rantai Pasok Global. Siaran Pers, Kementerian Perindustrian. https://kemenperin.go.id/artikel/22765/Berperan-Pulihkan-Ekonomi-Nasional,-IKM-Dipacu-Masuk-Rantai-Pasok-Global

Kina. (2010). Peranan Industri Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. KINA Edisi 4, 4(1), 1–50.

Kurniawan, D. A., & Maemunah, H. (2019). Peningkatan Pendapatan Dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding Dan Online Marketing. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i1.466

Laida, E. (2018). GEMA Industri Keci Menengah Media Informasi & Promosi Industri Kecil Menengah. Direktorat Jenderal Industri Kecil Dan Menengah.

Pramesti, D. A., Khoiriyah, L., Antono, D. T., Asmoro, D., Pratiwi, O. A., & Valdanu, M. (2022). Digital marketing for optimizing the bamboo handicrafts marketing in IKM ‘Mandiri Bambu Craft.’ Community Empowerment, 7(1), 28–32. https://doi.org/10.31603/ce.5580

Prasetyo, D., & Putra, R. W. (2021). Perancangan logo dari usaha makanan “gerobak cemil” sebagai brand identity. Jurnal Pantarei, 5(2).


Article Metrics

Abstract has been read : 116 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v8i2.16249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats