PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PHOTO BOX UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK PROMOSI ANINDYA CAKE AND COOKIES MELALUI MEDIA SOSIAL

Chandra Wiranata, Kevin Susanto, Lea Mashari, Mellisa Pricilia Hambali, Marpha Yosua Pakpahan, Melina Hermawan, Christina Christina, David Try Liputra, Elizabeth Wianto, Florence Leony

Abstract


Abstract Anindya Cake and Cookies is one of the Small Medium Enterprise in culinary that is located at Jalan Terusan Unpar I no 10 F, Sukawarna Village, Sukajadi County, Bandung. The products of Anindya Cake and Cookies are cookies, banana chips, bread pudding and homemade sweet food. Currently, Anindya Cake and Cookies is managed simply, and has not implemented marketing strategies, especially in social media promotion. This community service was done through mentoring method to help Anindya Cake and Cookies to implement the promotion effectively, concerning the products were included in creative industry that carried local wisdom, for example lotek banana chips, that was one Sundanese community’s traditional food. Mentoring topic that was given was the use and implementation of Mini Studio Photo Box Portable LED Lights to promote the products through social media. The result of the product picture more real although taken with cellphone and that the result would increase product marketing attractiveness of Anindya Cake and Cookies.

 

Abstrak Anindya Cake and Cookies merupakan sebuah Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) bidang kuliner yang berlokasi di Jl. Terusan Unpar 1 no 10 F, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Bandung. Produk yang dihasilkan adalah cookies, keripik pisang, bread pudding dan makanan-makanan manis homemade.  Saat ini Anindya Cake and Cookies masih dikelola secara sederhana, dan belum menerapkan strategi pemasaran khususnya promosi melalui media sosial secara maksimal.  Pengabdian masyarakat dilakukan dengan metode pendampingan bertujuan membantu Anindya Cake and Cookies meningkatkan daya tarik promosi secara maksimal mengingat produk yang dihasilkan Anindya Cake and Cookies termasuk hasil industri kreatif yang mengusung kearifan lokal diantaranya keripik pisang rasa lotek yang menjadi ciri khas makanan masyarakat Sunda.  Topik pendampingan yang diberikan adalah cara penggunaan dan pemanfaatan Mini Studio Photo Box Portable Lampu LED untuk promosi melalui media sosial.  Tampilan foto produk di media sosial terlihat lebih nyata walaupun hanya menggunakan kamera ponsel, hasil lebih meningkatkan daya tarik pemasaran produk yang dihasilkan Anindya Cake and Cookies.

 

 

Keywords


lotek banana chips; social media; photo box; keripik pisang rasa lotek; media sosial

Full Text:

PDF

References


https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi

Butar Butar, M., Cangara, H., & Wahid, U. (2022). Strategi Komunikasi Penggunaan Instagram Dalam Kegiatan Promosi Kuliner @Polkadotkitchen. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i1.1786

Indah, D. P., & Wilopo, W. (2017). Pengembangan Value Proposition dalam Pembentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus pada: PT. Suryaraya Nusatama Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 51(2), 151–157.

Irfan Ardiansah, A. M. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram ... CV Cendekia Press.

Jubilee Enterprise. (2021). Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis. PT Elex Media Komputindo.

Riyantoro, B., & Harmoni, A. (2013). Efektivitas iklan melalui jejaring sosial sebagai salah satu strategi pemasaran keripik pedas maicih. Prosiding PESAT, 5.

Ruhiyat, R., Idris, D. T., Indrawati, D., Indrawati, E., & Siami, L. (2021). Pelatihan Penyusunan Kanvas Model Bisnis Dengan Menggunakan Design Thinking Secara Daring Bagi Peternak Dan Petani Muda Di Desa Cibodas, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy, 4(3), 508.

Subekti, P., Yogatama, A. N., Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2021). Pelatihan Business Model Canvas Bagi Siswa SMA Diponegoro Tumpang Dalam Membangun Bisnis di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 79–90.

Suhardi, S., Midyanti, D. M., Bahri, S., Ruslianto, I., & Rismawan, T. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pemasaran Produk BUMDes di Desa Mekar Baru Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(2), 211–215.

Susanto, E., Adianto, H., Tjaja, A. I. S., Hamzah, G., & Susanto, R. M. S. S. (2022). PELATIHAN: METODE VALUE PROPOSITION DALAM UPAYA MENJAGA KEBERLANGSUNGAN BISNIS HOME INDUSTRY DI CIKAMPEK. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 463–472.

Thamrin, M. H., & Harahap, H. I. (2022). Optimizing Sekar Handycraft Development Through Digitalization of MSMEs in Medan. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 385–391.

Wahyuningrum, R. A. H., Setiadi, V. S., & Murwonugroho, W. (2022). Kekuatan Pesan Iklan dalam Perancangan Poster Kampanye Sosialisasi Resettlement Warga Kota Intan Jakarta. Literatus, 4(1), 151–160. https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.677


Article Metrics

Abstract has been read : 191 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v8i2.16008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats