IMPLEMENTASI SISTEM REKOMENDASI BIDANG STUDI DAN PEKERJAAN BERBASIS RIASEC TEST DI SMK IHYA ULUMUDDIN BANYUWANGI

Junaedi Adi Prasetyo, Galih Hendra Wibowo, Muhammad Fuad Al Haris, Devit Suwardiyanto Suwardiyanto, Ayu Wanda Febrian

Abstract


Abstract. RIASEC is a psychological test method to map a person's personality into 6 criteria. In the implementation of the personality test at SMK Ihya Ulumuddin, currently it is still manual, namely by using a written test on paper media. Of course, this is less efficient because it takes a long time to process the results. In the implementation of this activity, we digitized from what was previously still using paper to be converted into a web-based RIASEC Test system that can be accessed by students anywhere so that they can study and take this test not having to be at school. For the implementation of this activity, at the beginning we discussed and surveyed with partners in making the system to be made. We then realized the results of this survey to create a RIASEC test web and after that we implemented it on partners. After the implementation is complete, we conduct trials and socialize the use of the application with partners and students. From the results of this activity, it was found that previously it took 7 days for the correction results, now the implementation only takes less than 1 hour and almost 100 percent of students like this latest test system. After this series of service activities, it is hoped that the costs incurred by the SMK for the test will decrease and can be optimized for other activities.

 

Abstrak. RIASEC adalah salah satu metode tes psikologi untuk memetakan kepribadian seseorang menjadi 6 kriteria. Dalam pelaksanaan tes kepribadian di SMK Ihya Ulumuddin, saat ini masih manual yaitu dengan menggunakan tes tulis pada media kertas. Tentunya hal ini kurang efisien kerena memakan waktu yang cukup lama dalam proses pengolahan hasilnya. Pada pelaksanaan kegiatan ini, Kami melakukan digitalisasi dari yang sebelumnya masih menggunakan kertas untuk diubah menjadi sistem RIASEC Test berbasis web yang dapat diakses oleh siswa dimana saja sehingga mereka dapat mempelajari dan mengikuti test ini tidak harus ketika di sekolah.  Untuk pelaksanaan kegiatan ini, di awal kami berdiskusi dan survey dengan mitra dalam mebuat sistem yang akan dibuat. Hasil survey ini kmeudian kami realisasikan untuk membuat web RIASEC test dan setelah itu kami implementasikan pada mitra. Setelah implementasi selesai, Kami melakukan ujicoba dan sosialiasi penggunaan aplikasi dengan mitra dan siswa. Dari hasil kegiatan ini, didapatkan hasil bahwa sebelumnya menbutuhkan 7 hari untuk hasil koreksi, sekarang pelaksanaannya hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam dan hamper 100 persen siswa menyukai sistem test terbaru ini. Setelah rangkaian kegiatan pengabdian ini, harapanya biaya yang dikeluarkan pihak SMK untuk test akan menurun dan dapat dioptimalkan untuk kegiatan lainnya.

 

 

Keywords


SMK; Riasec; Personality; Interests; Riasec; Kepribadian; Minat

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2011). Tipe Kepribadian dan Model Lingkungan dalam Perspektif Bimbingan Karier John Holland. Jurnal Sosial Budaya, 86-96.

Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2020). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET), 4(2), 63-70.

Firma, A., Mowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 29-36.

Hidayat, F. K., & Wahyuni, S. N. (2019). PENDETEKSIAN MINAT DAN BAKAT MENGGUNAKAN METODE RIASEC. Indonesian Journal of Business Intelligence, 2(1), 32-39.

Putri, R. D., & Sari, S. P. (2018). IMPLEMENTATION OF JOHN HOLLAND'S CAREER THEORY IN GUIDANCE AND COUNSELING. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 126-132.

Riadi, E. (2012). Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional, Dan Perilaku Kewargaan Organisasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Atas Dan Kejuruan Di Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Pendidikan UNJ, 3(1), 432-441.

Sari, M. P., & Hidayat, D. R. (2022). Implementasi Teori Kepribadian Karir Holland di SMK, dalam Sistematika Kajian Pustaka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 259-265.

Wahyudi, I., Yusuf, A. M., & Afdal. (2021). Analisis Terhadap Holland Theory Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Karir Pada Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 3(5), 1880 - 1890.

Wardhani, N. A., Isti’adah, F. N., & Arumsari, C. (2020). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Teori Karier John Lewis Holland terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMP. Quanta Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 4(2).

Zulaika, A., & Purnomo, A. S. (2021). Implementasi Metode Profile Matching dalam Pembuatan Tes Psikologi untuk Pemetaan Karir Berdasarkan Minat dan Kepribadian. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 1(7), 281-296.


Article Metrics

Abstract has been read : 889 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats