PENERAPAN HASIL PENELITIAN APLIKASI GAME LISTENING BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG
Abstract
Abstrak. Dalam sistem pendidikan nasional telah menetapkan pelajaran – pelajaran yang wajib diikuti oleh semua peserta didik. Seperti halnya pelajaran Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan Pendidikan Tinggi. Listening merupakan ketrampilan yang baru di SMA karena saat SMP belum dikenalkan ketrampilan listening. Karena listening adalah hal yang baru pada jenjang SMA, maka siswa – siswa merasa kesulitan untuk belajar listening. Hal ini dikarenakan pengisi suara listening bisa berasal dari dalam maupun luar negeri yang mempunyai lafal yang berbeda – beda. Untuk itu pengabdian ini akan menerapkan hasil dari penelitian berupa aplikasi game listening Bahasa Inggris. Aplikasi ini sangat fleksibel digunakan karena bisa diakses di smartphone android. Penggunaan smartphone android tidaklah asing bagi peserta didik saat ini. Sehingga mereka bisa dengan mudah menggunakannya dan memahaminya serta bisa digunakan sewaktu waktu. Aplikasi game listening ini akan diterapkan pada siswa SMA yang menjadi tujuan dari pengabdian ini. Siswa yang akan menjadi mitra adalah siswa SMA Mardisiswa Banyumanik Semarang. SMA Mardisiswa ini mempunyai kendala bahwa siswa – siswanya belum pernah mengenal materi listening Hal ini disebabkan karena adanya pandemic, sementara materi listening merupakan materi yang ada di kurikulum SMA. Untuk itu, agar lebih cepat dalam pengyampain, maka dalam pengabdian ini dibuat aplikasi tentang listening. Dengan aplikasi ini, Pada aplikasi ini telah diisikan beberapa bentuk soal listening. Namun untuk mengevaluasi kemampuan siswa akan diberikan 29 soal listening. Masing – masing soal diberi bobot nilai 3. Dan hasil yang didapat adalah masih kurang memuaskan karena poin tertinggi siswa adalah 54. Hal ini dapat disimpulkan kemampuan siswa maksimal hanya 62%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisa, S., & Akhriana, A. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 82(2), 100–110. https://doi.org/10.36774/jusiti.v8i2.611
INDONESIA, P. P. R. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf
Loren, F. T. A. (2017). the Use of Learning Media on Listening Skill in Teaching Indonesian To Speakers of Other Language (Tisol). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7625
Mandarani, V. (2016). Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 189. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.250
Megawati, F. (2016). KESULITAN MAHASISWA DALAM MENCAPAI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA EFEKTIF Fika. Jurnal Pedagogia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3
Nuramala, D. (2019). Penerapan Media Film Berbahasa Inggris Dalam Pembelajaran Listening. Juranal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1), 403.
Ramadhani, A., & Lestari, E. (2018). Efektivitas Pelatihan Listening for Fun Learning Untuk Guru Taman Kanak-Kanak. 01(02), 87–91.
Rizki Maylan Yosinta Liana, Dinn Wahyudin, R. N. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Hello English” Berbasis Smartphone Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smp. 2(2), 2–7.
Suparti. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BAHASA INGGRIS UNTUK PEMBELAJARAN MENYIMAK A Needs Analysis on Developing English Audio Media for Listening Skills. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(01), 1–22. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/47
Wakhidah, R., Maftuh, M. F., & Maaliah, E. (2019). Pengembangan Aplikasi Listening Test Berbasis Android. Journal of Applied Informatics and Computing, 3(2), 47–53. https://doi.org/10.30871/jaic.v3i2.1181
Article Metrics
Abstract has been read : 648 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v7i2.10945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Abdimas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Jurnal Terapan Abdimas Stats