PENERAPAN HASIL PENELITIAN APLIKASI GAME LISTENING BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG

Yani Parti Astuti, Egia Rosi Subhiyakto, Liya Umaroh

Abstract


Abstract. The national education system has set lessons that must be followed by all students. Like English lessons. Indonesian is a compulsory subject from Junior High School (SMP) to Higher Education. Listening is a new skill in high school because in junior high school listening skills are not yet known. Because listening is a new thing at the high school level, students find it difficult to learn listening. This is because the voice actors who listen can come from within or outside the country who have different pronunciations. For this reason, this service will apply the results of the research in the form of English listening games. This application is very flexible to use because it can be accessed on Android smartphones. The use of foreign android smartphones for students today. So they can easily use it and understand it and can be used at any time. This listening game application will be applied to high school students who are the goal of this service. Students who will become partners are students of SMA Mardisiswa Banyumanik Semarang. This Mardisiswa High School has a problem that its students are not familiar with listening material. This is because there has been a pandemic, while listening material is material in the high school curriculum. For this reason, in order to be faster in delivering, in this service an application about listening is made. With this application, this application has filled in several forms of listening questions. However, for students' abilities, 29 listening questions will be given. Each question is given a weight of 3. And the results obtained are still unsatisfactory because the highest student points are 54. This can open up students' abilities to a maximum of only 62%.


Abstrak. Dalam sistem pendidikan nasional telah menetapkan pelajaran – pelajaran yang wajib diikuti oleh semua peserta didik. Seperti halnya pelajaran Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan Pendidikan Tinggi. Listening merupakan ketrampilan yang baru di SMA karena saat SMP belum dikenalkan ketrampilan listening. Karena listening adalah hal yang baru pada jenjang SMA, maka siswa – siswa merasa kesulitan untuk belajar listening. Hal ini dikarenakan pengisi suara listening bisa berasal dari dalam maupun luar negeri yang mempunyai lafal yang berbeda – beda. Untuk itu pengabdian ini akan menerapkan hasil dari penelitian berupa aplikasi game listening Bahasa Inggris. Aplikasi ini sangat fleksibel digunakan karena bisa diakses di smartphone android. Penggunaan smartphone android tidaklah asing bagi peserta didik saat ini. Sehingga mereka bisa dengan mudah menggunakannya dan memahaminya serta bisa digunakan sewaktu waktu. Aplikasi game listening ini akan diterapkan pada siswa SMA yang menjadi tujuan dari pengabdian ini. Siswa yang akan menjadi mitra adalah siswa SMA Mardisiswa Banyumanik Semarang. SMA Mardisiswa ini mempunyai kendala bahwa siswa – siswanya belum pernah mengenal materi listening Hal ini disebabkan karena adanya pandemic, sementara materi listening merupakan materi yang ada di kurikulum SMA. Untuk itu, agar lebih cepat dalam pengyampain, maka dalam pengabdian ini dibuat aplikasi tentang listening. Dengan aplikasi ini, Pada aplikasi ini telah diisikan beberapa bentuk soal listening. Namun untuk mengevaluasi kemampuan siswa akan diberikan 29 soal listening. Masing – masing soal diberi bobot nilai 3. Dan hasil yang didapat adalah masih kurang memuaskan karena poin tertinggi siswa adalah 54. Hal ini dapat disimpulkan kemampuan siswa maksimal hanya 62%.

Keywords


application; listening; english lesson; aplikasi; listening; bahasa inggris

Full Text:

PDF

References


Aisa, S., & Akhriana, A. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 82(2), 100–110. https://doi.org/10.36774/jusiti.v8i2.611

INDONESIA, P. P. R. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Loren, F. T. A. (2017). the Use of Learning Media on Listening Skill in Teaching Indonesian To Speakers of Other Language (Tisol). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7625

Mandarani, V. (2016). Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 189. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.250

Megawati, F. (2016). KESULITAN MAHASISWA DALAM MENCAPAI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA EFEKTIF Fika. Jurnal Pedagogia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3

Nuramala, D. (2019). Penerapan Media Film Berbahasa Inggris Dalam Pembelajaran Listening. Juranal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1), 403.

Ramadhani, A., & Lestari, E. (2018). Efektivitas Pelatihan Listening for Fun Learning Untuk Guru Taman Kanak-Kanak. 01(02), 87–91.

Rizki Maylan Yosinta Liana, Dinn Wahyudin, R. N. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Hello English” Berbasis Smartphone Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smp. 2(2), 2–7.

Suparti. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BAHASA INGGRIS UNTUK PEMBELAJARAN MENYIMAK A Needs Analysis on Developing English Audio Media for Listening Skills. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(01), 1–22. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/47

Wakhidah, R., Maftuh, M. F., & Maaliah, E. (2019). Pengembangan Aplikasi Listening Test Berbasis Android. Journal of Applied Informatics and Computing, 3(2), 47–53. https://doi.org/10.30871/jaic.v3i2.1181


Article Metrics

Abstract has been read : 648 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v7i2.10945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats