Potret Pendidikan Bekelanjutan di Sumenep Madura: Studi Tentang Perayaan Pendidikan Panas-Panasan

Mukhlishi Mukhlishi, Jamilah Jamilah

Abstract


Perayaan Haflatul Imtihan merupakan perayaan kenaikan kelas di Madura Sumenep. Haflatul imtihan adalah salah satu tradisi dari para alim ulama para pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang sampai saat ini tetap membudaya di lingkungan pondok pesantren. Adanya majelis ilmu dan silaturahim di dalamnya patut disyukuri oleh para wali santri dan dewan guru pada lingkungan pesantren. Seiring berjalannya waktu, Haflatul Imtihan yang penuh sakralitas dan warisan para kiai telah mengalami pergeseran yang signifikan dan cenderung memberikan efek negatif, karena kegiatan pendidikan tidak nampak, namun lebih pada Nuansa Seremonial dan glamor semata. Selain itu banyak membebani wali santri terlebih kelas ekonomi menengah ke bawah dan cenderung pada Perayaan Panas-Panasan, karena hanya yang nampak hanya hawa nafsu dan rasa mau, jika tidak dilakukan secara glamor. Di sinilah peran utama dukungan Pemerintah melalui Dinas pendidikan dan Kementrian Agama, masing-masing kabupaten/kota, organisasi dan para tokoh untuk bersama-sama, memberikan solusi sesuai dengan tupoksinya yakni solusi terhadap perbaikan pendidikan Sumenep agar perayaan pendidikan berupa hafalatul imtihan tidak cenderung panas-panasan, tapi pendidikan terbaik dan keberlanjutan.


Keywords


Pendidikan Berkelanjutan, Pendidikan Panas-Panasan

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, London: SAGE Publications, Inc.

Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 430-450.

Mochtar, N. E., Gasim, H., Hendarman, N. I., Wijiasih, A., Suryana, C., Restuningsih, K., & Tartila, S. L. (2014). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia. Komisi Nasional Indoneisa untuk UNESCO Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 9.

Mukhlishi, dkk. (2023). Takaran Kebijakan Pendidikan Kepulauan Sumenep. Yogyakarta: Sulur Pustaka.

Nugraha , A. (2023). Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan Di Era Revolusi Indutri 4.0. Majalah Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Jember, 6(1).

Ustman, H. (2020) Tengka dalam sosial masyarakat Madura. Yogyakarta: Sulur Pustaka.

Tim Penyusun Kamus Damar Kambang. (2023). Kamos Basa Madura. Sumenep: Masa Group.


Article Metrics

Abstract has been read : 42 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v2i2.18855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mukhlishi Mukhlishi, Jamilah Jamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Riset Pendidikan (JRP) published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

Adress: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.