Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Tema 8 Subtema 2 Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Pipit Puspita Ningrum, Binti Sarofah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep pada mata pelajaran tema 8 sub tema 2 bagi siswa kelas V SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yaitu siswa kesulitan dalam menjelaskan kembali dan menyimpulkan sebuah konsep. Selain itu, hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 70 dan yang tidak tuntas mencapai 60% siswa. Hal ini disebabkan oleh dimasa pandemi siswa kurang diberikan pengalaman secara nyata untuk menemukan sebuah konsep sehingga siswa kesulitan dalam memahami sebuah konsep. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V di SDN Keduangpanji 1. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian adalah dalam pelaksanaan pembelajaran metode pembelajaran eksperimen pada tema 8 sub tema 2  di kelas V, praktikan sebagai master telah melaksanakan tahap yang telah dibuat pada RPP yang mengacu pada tahap metode eksperimen. Indikator menjelaskan pada siklus I mencapai 88% dan siklus II mencapai 89%. Indikator menyimpulkan pada siklus I mencapai 88% dan siklus II mencapai 92%. Indikator mengaplikasikan siklus I mencapai 60% dan siklus II mencapai 89%. Pada ketuntasan belajar yang dicapai yaitu pada siklus I mencapai 80% dengan rata kelas 81 dan pada siklus II mencapai 90% dengan rata kelas 90.


Keywords


Pemahaman Konsep, Metode Eksperimen, tema 8 sub tema 2

Full Text:

PDF

References


Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Atapukang, N. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi, 17(2), 45–52.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model.

Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II, 307–308. http://indonesia.unnes.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/C-D-PROSIDING-KBS_2-UNNES-2-320-415.pdf

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Suwarto. (2007). Dasar Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif. UNS Press.

Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal of Education, 6(1), 18. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4093


Article Metrics

Abstract has been read : 97 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v2i1.17524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pipit Puspita Ningrum, Binti Sarofah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Riset Pendidikan (JRP) published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

Adress: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.