Hubungan kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap penguasaan teknik pukulan jarak jauh (long stroke) pada cabang olahraga woodball

Muhammad Fikri Imaduddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap penguasaan teknik pukulan jarak jauh (long stroke) pada cabang olahraga woodball di latar belakangi oleh, pentingnya peranan kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan dalam olahraga woodball. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini merupakan atlet woodball pengcab kota Sukabumi.yang berjumlah 15 orang. Sampel penelitian adalah seluruh atlet woodball pengcab kota Sukabumi yang berjumlah 15 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : (1) Tes Kekuatan otot lengan (2). Tes Koordinasi mata tangan (3). Tes pukulan jarak jauh. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data statistik korelasi ganda yaitu mencari besarnya hubungan dan kontribusi dua variabel bebas (X) atau lebih secara simultan (bersama-sama) dengan variabel terikat (Y) menggunakan rumus korelasi ganda, menguji signifikan dengan dengan Fhitung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan (X1) dan keterampilan pukulan jarak jauh (long stroke) (Y). (2). Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan (X2)  dan keterampilan pukulan jarak jauh (long stroke) (3). Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan (X1) dan koordinasi mata tangan (X2) terhadap keterampilan pukulan jarak jauh (long stroke) (Y).  Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik korelasi ganda diperoleh hasil Fhitung (14,49) > Ftabel (3,11) dengan taraf signifikasi 0,05, maka H0 ditolak, artinya terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan pukulan jarak jauh (long stroke) pada cabang olahraga woodball. Berdasarkan hasil korelasi X1, X2 terdapat Y diperoleh Fhitung (14,49) > Ftabel (3,11) dengan taraf signifikasi 0,05 dengan mendapatkan hasil perhitungan Rx1x2y sebesar 0,841 dengan kategori tergolong cukup kuat dan kontruksi simultan R2 x 100% = 0,8412 x 100% = 70,73% dan sisanya 29,27%.


Keywords


Kekuatan otot lengan; Koordinasi mata tangan; Keterampilan Pukulan jarak jauh (long stroke)

Full Text:

PDF

References


Anas, dkk. (2012). Kekuatan Genggaman dan Kekuatan Otot Lengan dalam Pukulan Jarak Jauh Woodball. Semarang.

Darmadi, H. (2012). Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Erwin, S. K. (2016). Trend Olahraga Masa Kini Woodball Olahraga ala Golf. Yogyakarta. PUSTAKABARUPRESS.

Indah, S. D. (2019). Pengembangan Tes Keterampilan Pukulan Jarak Jauh Woodball Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Yogyakarta.

Kriswantoro. (2011). Teknik Dasar Bermain Woodball. Semarang: Indonesia Woodball Association.

Muhamad, R.K. (2016). Hubungan Koordinasi Mata dan Tangan dengan Akurasi Pukulan Jarak Jauh Pada Olahraga Woodball. Bandung.

Putu, C dan Sukadiyanto. (2015). Pengembangan Tes Keterampilan Olahraga Woodball Untuk Pemula. Bali.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada


Article Metrics

Abstract has been read : 57 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.