Pengembangan model permainan target untuk meningkatkan gerak manipulatif lempar tangkap dalam Pendidikan Jasmani di SDN Cikapek Tahun 2019/2020

Seri Hartati

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang terdapat disekolah. Salah satu  Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah gerak manipulatif lempar tangkap masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini yakni dapat menghasilkan produk berupa pengembangan model permainan target yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan sarana dan prasarana serta meningkatkan gerak manipulatif lempar tangkap dalam pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yaitu Penelian dan Pengembangan. Langkah-langkah penelitian ini antara lain: 1) Analisi, menentukan potensi masalah yang ada disekolah, 2) Desain produk yang akan dikembangkan dan melakukan validasi kepada ahli permainan dan ahli penjas, 3) selanjutnya adalah Pengembangan produk dengan melakukan uji coba skala kecil divalidasi oleh Praktisi guru SDN Cikapek, 4) Implementasi, melakukan uji coba skala besar, 5) Penilaian. Kesimpulan dalam permainan target ini yaitu untuk ahli permainan skor yang didapat adalah. Dirata-ratakan untuk permainan target dari validasi ahli memperoleh rata-rata 75,92% dan termasuk kategori baik. Dalam uji coba skala kecil didapat rara-rata 78,36% termasuk kategori sangat baik sedangkan dalam uji coba pemakaian didapat rata-rata 75,96% maish kategori baik

Keywords


Pengembangan; Gerak Manipulatif; Permainan Target

Full Text:

PDF

References


Anom, T. A. T dan Pujianto, A. (2017). “Pengembangan Media Lubang Multi Level untuk Pembelajaran Lempar Tangkap Bola Kecil”. Jurnal Physical education. 6, (1), 62-72

Bailey, R. (2005). “Evaluating the Relationship Between Physical Education, Sport and Social”. Education Review. 57, (1), 71-90

Daya, W. J., Chan., F., dan Muzaffar, A. (2017). “Penerapan Modifikasi Permainan Target untuk Pembelajaran Bola voli FIK Universitas Jambi”. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 16, (2), 127-135

Jenifer, L. (2010). “Frameworks for Diagnosing Student Performance Prolems in Striking/ fielding and Target Games”. Journal of Physical Education, Recreation & Dance. 81, (8), 43-56

Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaeya

Nanda, Y. (2015). “Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional”. Jurnal Sportif. 1 (1), 60 – 73

Sheppard, J. (2007). “Ready, Aim, Target Games. Physical & education”. Jurnal university of toronto/O.I.S.E. 73 (3), 34-39

Sudarsini, B. (2007). Bina Diri Bina Gerak. Gunung Samudra

Suherman, A. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas. Sumedang: UPI Sumedang Press

Sugito, Y. N. H. (2015). “Membentuk Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional”. Jurnal Sportif. 1, (1). 60-73

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung. IKAPI

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung. IKAPI

Sujarweni, V. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Tedjasaputra, M. (2001). Bermain, Mainan & Permainan. Grasindo

Wibawa, H. N. (2016). Pengaruh Permainan Target Terhadap Kemampuaan Shooting dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Kelas Khusus Olahraga Di SMA N 2Playen Gunung Kidul. PJKR FIK UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan

Widodo, A. (2018). “Pengembangan Model Permainan Target untuk Meningkatkan Keterampilan Shooting dalam Permainan Sepakbola”. Jurnal Penelitian Pembelajaran. 4, (2), 248 – 263.

Wijanarko, B. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Tangkap Bola Menggunakan Sasaran Keranjang pada Siswa Kelas V SD Negeri Sokatengah 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. PJKR FIK Universitas Negeri Semarang: tidak diterbitkan


Article Metrics

Abstract has been read : 557 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.