Analisis hubungan faktor kondisi fisik dominan dengan keterampilan poomsae atlet taekwondo putri Kabupaten Ngawi

Andy Widhiya Bayu Utomo

Abstract


Upaya pencapaian prestasi olahraga taekwondo dapat dilakukan dengan peningkatan pembinaan di daerah salah satunya yaitu di Kabupaten Ngawi, dimana pencapaian prestasi taekwondo khususnya poomsae masih rendah. Salah satu upaya peningkatan pencapaian prestasi dapat dilakukan dengan meningkatkan kondisi fisik atlet. Kondisi fisik yang baik akan menghasilkan keterampilan yang optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan faktor kondisi fisik dominan meliputi fleksibilitas, keseimbangan, koordinasi dan power otot tungkai dengan keterampilan poomsae atlet taekwondo putri serta mengetahui seberapa besar kontribusinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh atlet taekwondo di Kabupaten Ngawi sebanyak 74 atlet. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran meliputi data komponen fleksibilitas, keseimbangan, koordinasi, power otot tungkai dan keterampilan poomsae. Analisis data dengan korelasional regresi berganda. Skor fleksibilitas, keseimbangan, koordinasi dan power otot tungkai atlet poomsae putri Kabupaten Ngawi paling banyak yaitu pada kategori sedang. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara fleksibilitas, keseimbangan, koordinasi dan power otot tungkai dengan keterampilan poomsae. Kontribusi masing-masing variabel terhadap keterampilan poomsae yaitu fleksibilitas 30,7%, keseimbangan 16,8 %, koordinasi 68,9 % dan power otot tungkai 42,6 %. Secara simultan fleksibilitas, keseimbangan, koordinasi dan power otot tungkai memberikan kontribusi sebesar 75,9 % terhadap keterampilan poomsae.

Keywords


Kondisi fisik; poomsae; atlet Taekwondo putri

Full Text:

PDF

References


Abrahamova, D., Hlavacka, F. (2008). Age-Related Changes of Human Balance during Quiet Stance. Physiological Research. Prague: Institute of Physiology v.v.i., Academy of Sciences of the Czech Republic.

Utomo, A. W. B. (2016). Pencapaian Keterampilan Poomsae ditinjau dari Kecepatan, Fleksibilitas, Keseimbangan, Koordinasi, Power Otot Tungkai dan Volume Oksigen Maksimal (Studi Korelasional pada Taekwondoin Putra Kabupaten Ngawi). Tesis. Surakarta. UNS.

Young, K. J. (2009). The Taekwondo Teks Book of Poomsae. Korea: O-sung Publising Company.

Sembiring, R. (2013). Peningkatan Kondisi Fisik Melalui Latihan Circuit Training pada Atlet pada Atlet Taekwondo Putra Junior Sibayak Club Medan Tahun 2013. Medan: UNIMED.

Sharkley, B. J. (2011). Kebugaran dan Kesehatan. Rajawali Sport, Devisi Buku Olahraga & Kesehatan: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Suryadi, Y. (2002). Taekwondo Poomsae Taeguk. Jakarta: Gramedia.

World Taekwondo Federation. (2006). Poomsae Competition Rules and Interpretation. Indonesia: World Taekwondo Federation.


Article Metrics

Abstract has been read : 768 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v1i2.2520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.