Kontribusi power otot tungkai, kekuatan otot lengan, dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan jump shot bolabasket pada mahasiswa FIK Uncen tahun 2017

Tery Wanena

Abstract


Permainan bolabasket bertujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring lawan tanding, supaya bisa mencapai tujuan itu maka diperlukan kekuatan, kecepatan dan power otot untuk membawa bola masuk kedalam ring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) kontribusi antara power otot tungkai dengan kemampuan jump shot bolabasket pada mahasiswa FIK UNCEN tahun 2017, b) kontribusi antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan jump shot bola basket pada mahasiswa FIK UNCEN Tahun 2017, c) kontribusi antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan jump shot bola basket pada mahasiswa FIK UNCEN Tahun 2017, dan d) kontribusi yang signifikan antara power otot tungkai, kekuatan otot lengan, dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan jump shotbola basket pada mahasiswa FIK UNCEN Tahun 2017. Dalam penelitian ini akan digunakan metode deskriptif korelasional. Metode ini bertujuan mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari hasil pengukuran dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II FIK UNCEN yang berjumlah 30. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kontribusi yang signifikan antara power otot tungkai dengan hasil jump shoot dengan memberikan sumbangan sebesar 14,5 %. Ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan hasil jump shoot dengan memberikan sumbangan sebesar 30,5 %. Ada kontribusi yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan hasil jump shot dengan memberikan sumbangan sebesar 13 %. Dengan demikian terdapat kontribusi yang signifikan antara power otot tungkai, kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan dengan hasil jump shot dengan memberikan sumbangan sebesar 58,0 %.

Keywords


Jump shoot; power otot tungkai; kekuatan; dan koordinasi.

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Harsono. (1993). Latihan Kondisi Fisik. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Penataran.

Imam Sodikun. (1992). Olahraga Pilihan Bola Basket. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTK.

Johnson, B. L. & Nelson, J. K. (1986). Practical Measurement for Evaluation in Physycal Education. New York: Macmillan Publishing Company.

Kosasih, Danny. (2008). Fundamental Basketball. Semarang: Karangturi Media.

Sudjana. (1989). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.


Article Metrics

Abstract has been read : 132 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v1i2.2250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.