Kebugaran jasmani ditinjau dari karakteristik jenis kelamin dan indeks masa tubuh

Kahfi Hidayah, Eko Sudarmanto, Gatot Jariono, Nurhidayat Nurhidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa SD Negeri 3 Kalikotes Usia 10-12 tahun ditinjau dari karakteristik jenis kelamin dan indeks massa tubuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan rentang usia 10-12 tahun. Pengumpulan data penelitian menggunakan prosedur Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). Teknik analisis data dilakukan dalam tahap, yaitu deskriptiv, statistik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil tes IMT siswa laki-laki sebanyak 10 siswa (77%) kategori normal atau gizi baik, 2 siswa (15%) kategori overweight atau gizi lebih,1 siswa (8%) kategori obesitas dan pada hasil capaian tes v sit and reach, sit up, squat thrust dan pacer tes menghasilkan nilai 2,9 dengan kategori kebugaran jasmani siswa laki-laki yakni “cukup”. Sedangkan hasil tes IMT siswa perempuan sebanyak 1 siswa (6%) kategori thinness atau gizi kurang, 13 siswa (76%) kategori normal atau gizi baik, 3 siswa (18%) kategori overweight atau gizi lebih, dan pada hasil capaian tes v sit and reach, sit up, squat thrust dan pacer tes menghasilkan nilai 2,9 dengan kategori kebugaran jasmani siswa perempuan yakni “cukup”.

Keywords


kebugaran jasmani, siswa, IMT, TKPN

Full Text:

PDF

References


Budiwanto, S. (2012) Metodologi Latihan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Dikdik zafar sidik, paulus L. Pesurnay, L.A. (2019) Pelatihan Kondisi Fisik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jariono, G. et al. (2020) ‘Analisis kondisi fisik menggunakan software Kinovea pada atlet taekwondo Dojang Mahameru Surakarta’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), pp. 133–144. Available at: https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2635.

Kemenpora (2022) Pedoman Pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara.

Mukti, A.F. (2014) Profil Kebugaran Jasmani Dilihat Dari Indeks Massa Tubuh Di SMA Negeri 9 Bandung.

Nasrulloh, A. (2021) Pengukuran dan Metode Latihan Kebugaran. 1st edn. Yogyakarta: UNY Press.

Nasrulloh, A., Prasetyo, Y. and Apriyanto, K.D. (2018) ‘Dasar-Dasar Latihan Beban’, UNY Press, pp. 1–140. Available at: https://docplayer.info/163394993-Dasar-dasar-latihan-beban-ahmad-nasrulloh-yudik-prasetyo-krisnanda-dwi-apriyanto.html.

Nurhidayat, Triadi, C. and Fathurrahman (2020) ‘Tingkat Prestasi Akademik Ditinjau Dari Kebugaran Jasmani (Vo2 Max) Mahasiswa Semester IV POR FKIP UMS Tahun 2019’, Jurnal Porkes, 3(1), pp. 26–30. Available at: https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2010.

Nursapiah (2020) Penelitian Kualitatif. 1st edn. Edited by H. Sazal. Medan: Wal ashri Publishing.

Putra, R.T., Jayadilaga, Y. and Aryatama, B. (2022) ‘Analisis Delayed Onset Muscle Soreness (Doms) Pasca Latihan Beban Pada Atlet Panahan Science Archery School’, Jurnal Stamina, 5(6), pp. 247–257. Available at: https://doi.org/10.24036/jst.v5i6.1130.

Putra, R.T., Utomo, A.W. and Primiani, C.N. (2022) Anatomi Otot dan Latihan Beban Dalam Olahraga. 1st edn. Edited by A.W. Utomo. Madiun: Unipma Press.

Septi Sistiasih, V. et al. (2022) ‘Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga’, Jurnal Porkes, 5(1), pp. 260–271. Available at: https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5635.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Wahyuri, B.H. dan A.S. (2019) Pembentukan Kondisi Fisik. Depok: Rajawali Pers.

Wulandari and Jariono, G. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw’, Jurnal Porkes, 5(1), pp. 245–259. Available at: https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.


Article Metrics

Abstract has been read : 215 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v6i2.18115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.