Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan di SMP Muhammmadiyah 1 Surakarta

Ridwan Perdana Kusuma, Anugrah Nur Warthadi, Nurhidayat Nurhidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hal ini bertujuan untuk memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan kesehatan, serta optimalisasi jumlah sarana dan prasarana lantai yang ada untuk kebutuhan siswa. Dokumentasi dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Alat survey berupa alat mengenai ketersediaan sarana dan prasarana olahraga. Analisis data dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif berupa hitungan olahraga dan infrastruktur. Menurut hasil peninjauan prasarana jasmani, pendidikan jasmani dan prasarana kesehatan olahraga, untuk atletik angkanya 51% atau cukup ideal, untuk olahraga kompetitif 70% atau dalam kategori ideal, untuk olahraga ritmik mendapat skor 47% atau dalam kategori sangat ideal, untuk UKS sebesar 86% atau dalam kategori sangat ideal. Hasil kajian menunjukkan ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan kesehatan olahraga mencapai persentase rata-rata 63% atau tipe ideal untuk mendukung kegiatan pembelajaran.


Keywords


Ketersediaan, Pendidikan Jasmani, Sarana, Prasarana.Kata Kunci: Ketersediaan, Pendidikan Jasmani, Sarana, Prasarana.

Full Text:

PDF

References


Aldianto, S., & Warthadi, A. N. (2021). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatan SMP Negeri Se-Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun 2021.

Arga Cahya Pratama, B. F. T. K. (2018). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6 (3), 561–564. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Arikunto, P. D. S., & Cepi Safruddin Abdul Jabar, M. P. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. PT. Bumi Aksa.

Asad, H. Al, & Sugiharto, M. W. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di SMP Negeri Sekecamatan Prabumulih Timur. Jurnal Muara Olahraga, 3 (1), 11–20.

Dwipantoro, M. R. (2018). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Tahun 2017. Simki Techsain Vol 02 No 03 Tahun 2018, 02(03). http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/8f808b46fe1d5b5672b393159198125e.pdf

Furkan, S. (2018). Studi Keadaan Saranadan Prasarana Penunjang Aktifitas Pendidikan Jasmani OlahragaSekolah Dasar Negeri 02 Kota BimaTahun2017/2018. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8 (1). https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpo/article/view/144

Gatot Jariono, F. F. & H. N. (2020). Application of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improving the Physical Exercise Students Volleyball at Junior High School 1 Sajoanging. Journal of Reseacrh in Business, Economics, and Education, 2(5), 1019–1026.

Natal, Y. R. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BAJAWA. IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 4(1). https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.222

Saputri, V. V. I. (2014). Survei Sarama dan Prasarana Olahraga Penunjang Proses Pembelajaran Penjasorkes dan Pemanfaatannya di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Temanggung Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3 (11), 1402–1407. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Vera Septi Sistiasih, Irgi Putra Afandi, A. V. S. (2021). Pendampingan Strategi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Penjas di Sekolah Dasar. Proficio : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 87–91.


Article Metrics

Abstract has been read : 223 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v6i1.16422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.