Motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa olahraga

Aji Riyan Riyanto, Titin Kuntum Mandalawati, Andri Wahyu Utomo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa Universitas PGRI Madiun dalam mengikuti unit kegiatan mahasiswa olahraga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Sumber data penelitian antara lain yaitu mahasiswa Universitas PGRI Madiun yang mengikuti UKM olahraga. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan pendefinisian kontrak, penyidikan faktor dan penyusunan pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskristif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut : Berdasarkan hasil penelitian pada faktor intrinsik yang masuk dalam kategori sangat setuju diketahui dengan skor 302 sebesar 42,3%, setuju dengan skor 312 sebesar 43,7%, tidak setuju dengan skor 82 sebesar 11,48% dan sangat tidak setuju dengan skor 18 sebesar 2,52%. Berdasarkan hasil penelitian pada faktor ekstrinsik yang masuk dalam kategori sangat setuju diketahui dengan skor 262 sebesar 36,29%, setuju dengan skor 362 sebesar 50,14%, tidak setuju dengan skor 78 sebesar 10,80% dan sangat tidak setuju dengan skor 20 sebesar 2,77%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : hasil tersebut dapat disimpulkan tingkat motivasi intrinsik mahasiswa mengikuti UKM olahraga sebagian besar adalah setuju dengan persentase 43,7%, hasil tersebut dapat disimpulkan tingkat motivasi mahasiswa faktor ekstrinsik mengikuti UKM olahraga sebagian besar adalah setuju dengan persentase 50,14%.


Keywords


Tingkat motivasi, intrinsik, ekstrinsik, UKM olahraga

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2017). Motivasi Partisipasi Peserta UKM Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05.

Abidin, A. M. (2017). Motivasi Partisipasi Peserta UKM Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05.

Dinata, V. C., Priambodo, A., Hariyanto, A., Ristanto, K. O., & Prakoso, B. B. (2020). Evaluasi penerapan blended learning berdasarkan kualitas model dan motivasi belajar mahasiswa-atlet. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14462

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1). https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63

Marzuki, A., Armareo, C., & Rahayu, Pipit, F. (2020). Praktikum Statistik. Ahlimedia Press.

Muskanan, K. (2014). Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik, dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Kebijakan Publik, 5(3).

Putra, A. K., & Frianto, A. (2018). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kepuasan Kerja. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 59. https://doi.org/10.26740/bisma.v6n1.p59-66

Putra, M. F. P. (2020). Bagaimana Motivasi Olahraga Mahasiswa di Papua? Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.24415

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Sulihin, S., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). Motivasi Mahasiswa. 4(2), 51–55.

Surayya, R. (2018). Pendekatan kualitatif dalam penelitian kesehatan. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75–84.


Article Metrics

Abstract has been read : 187 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v5i2.16392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.