Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCI Bentuk Four-Tier Test pada Konsep Getaran

Zaleha Zaleha, Achmad Samsudin, Muhamad Gina Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik Four Tier Test untuk mendiagnostik pengubahan konseptual siswa pada materi getaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 3D. Model pengembangan 3D terdiri atas 3 tahap yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), dan 3) Develop (Pengembangan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar penilaian kualitas instrumen tes untuk ahli materi dan ahli evaluasi. Penilaian kualitas produk menggunakan skala likert dengan 5 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Adapun hasil penelitian yang dikembangkan adalah instrumen tes VCCI (Vibration Conceptual Change Inventory) bentuk four tier test untuk mendiagnostik pengubahan konseptual siswa. Instrumen tes diagnostik  VCCI ini terdiri dari 6 butir soal. Validasi butir soal meliput validitas isi yang ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa/budaya, serta kesesuiaian antara soal-soal dalam tes dengan indikator yang diperoleh dari pertimbangan  para dosen ahli. Berdasarkan validitas isi tersebut, 6 soal dinyatakan sangat layak digunakan dengan validitas rata-rata untuk aspek materi, konstruksi, dan bahasa/budaya adalah 0,99. Sedangkan validitas rata-rata untuk kesesuaian antara indikator dengan soal dan kesesuaian antara soal dengan aspek kognitif masing-masing sebesar 0,94 dan 0,89. Dari hasil validitas tersebut dapat dinyatakan bahwa instrumen tes diagnostik VCCI bentuk Four Tier Test yang dikembangkan valid dan sangat layak digunakan untuk mendiagnostik pengubahan konseptual siswa pada materi getaran.


Keywords


tes diagnostik; Four-Tier Test; getaran

Full Text:

PDF

References


Depdiknas (2007). Tes diagnostik, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Engelhardt, P. V. & Beichner, R. J. (2004). “Students’ understanding of direct current

resistive electrical circuits”. American Journal of Physics, 72(1), p. 98-115,

McDermott, L. C. & Shaffer, P. S. (1992) “Research as a guide for curriculum development: An example from introductory electricity. Part I: Investigation of student understanding”. American Journal of Physics, 60(11), p.994-1003

Pesman, H. (2005). “Development Of A Three-Tier Test To Assess Ninth Grade Students’

Misconceptions About Simple Electric Circuits”. Tesis, Middle East Technical University: tidak diterbitkan, p. 171

Rajeswari. (2004). Preparation and Testing of Remedial Teaching Materials for

Educationally Backward Students in Chemistry at The Secondary School Level. Kottayam: School of Pedagogical Sciences Mahatma Gandhi University.

Rupp, A.A., Templin, J. & Henson, R.A. (2010). “Diagnostic measurement: Theory,

methods and applications”. New York: The Guilford Press.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). “Instructional Development for Training Teacher of Exceptionl Children: A Sourcebook. National Center for Inprovement of Educational System (DHEW/OE), Washington, D.C.

Wahyuningsih, T., Raharjo, T., & Masithoh, D. F. (2013). “Pembuatan Intrumen Diagnostik Fisika SMA Kelas XI”. Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 1, No. 1, hal. 111.

Zhongbao Zhao. (2013). “An Overview of Studies on Diagnostic Testing and its Implications for the Development of Diagnostic Speaking Test”. International Journal of English Linguistics. Vol. 3 No. 1, 41 – 45.


Article Metrics

Abstract has been read : 3106 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat