Integrasi Project Based Learning dalam Science Technology Engineering and Mathematics untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika

Surya Jatmika, Sri Lestari, Rahmatullah Rahmatullah, Pujianto Pujianto, Wipsar Sunu Brams Dwandaru

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning (PjBL) berbasis science technology engineering and mathematics (STEM) terhadap kemampuan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment dengan jenis one-group pretest-postest design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok (kelas) dengan teknik pengambilan sample random (acak). Kelas yang digunakan, yaitu kelas X MIPA 4 di SMA N 1 Yogyakata.  Responden penelitian sebanyak 36 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil tes awal dan tes akhir. Semua indikator keterampilan proses sains yang diukur juga mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis uji-t one group pretest and posttest menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEM mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan PjBL berbasis STEM secara keseluruhan sebesar 78,21%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL terintegrasi STEM dalam pembelajaran fisika memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan proses sains peserta didik.


Keywords


ketermpilan proses sains; PjBL; STEM; pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Adhi, D., & Ariyanto, S. (2018). Sains Dan Teknologi Dalam Perkembangan Peradaban Manusia. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, 0(0), 93.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Apriani Murlin, Muh. Tawil, A. S. (2017). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan LKPD Terstruktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika. 3, 176–186.

Archambault et all. (2008). The Effects of Developing Kinematics Concept Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics.

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915

Bybee, R. W. (2015). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. In The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. https://doi.org/10.2505/9781936959259

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM project-based learning an integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. In STEM Project-Based Learning an Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-143-6

Dewantara, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Coggle TM. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 13. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4923

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Gasila,Yesi; Fadillah, S. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL IPA DI SMP NEGERI KOTA PONTIANAK. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika (JIPF), 6, 14–22.

Gerintya, S. (2019). Kualitas Pendidikan dan Riset Indonesia Rendah, Inovasi Tersendat. Tirto.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Heryanti, A. D. (2020). Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Projek Pltmh. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 77. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3241

Isnaningsih, A., & Bimo, D. S. (2013). Penerapan lembar kegiatan siswa (LKS) discovery berorientasi keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 136–141. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2714

Kartimi, Gloria, R. Y., & Ayani. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun. Jurnal Scientiae Educatia, 2(1), 73–85. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/524

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1719

Kubiatko, M., & Vaculová, I. (2011). Project-based learning : characteristic and the experiences with application in the science subjects. 3(1), 65–74.

Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains , Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasioanal BiologiDan Pembelajarannya, 189–194.

Maya, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL STEM-PjBLTERINTEGRASI TPACKPADA SUB MATERI HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH [Universitas Negeri Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/80801

Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 28. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107172019

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Gramedia.

Nasution, 1. M. K. M. (2016). Hilirisasi Penelitian Berbasis Teknologi pada Perguruan Tinggi. Harian Analisa.

Nasution, M. K. (2018). Jurnal Terakreditasi Secara Nasional. Researchgate, April, 1–5. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19783.96166

Nurlaila, N., Suparmi, & Sunarno, W. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan Pbl Menggunakan Problem Solving Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Dan Keterampilan Berpikir. Inkuiiri, 2(2), 114–123. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Pakpahan, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012 Factors Affecting Literacy Mathematics Achievement of Indonesian Student in Pisa 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505

Purwita, S. S. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN STEM-PjBL (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING & MATHEMATICS-PROJECT BASE LEARNING) TERINTEGRASI TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM [Universitas Negeri Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/80778

Putri, D. H., Risdianto, E., & Sutarno. (2017). Identifikasi Keterlaksanaan Praktikum Fisika SMA dan Pembekalan Keterampilan Abad 21. Semnas Sains & Entrepreneurship IV, 114–123. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/snse2017/snse2017/paper/viewFile/1742/1731

Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. 21(March), 1–16.

Ratnasari, D., Sukarmin, S., & Suparmi, S. (2017). Analisis Implementasi Instrumen Two-Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 166. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.627

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang (UM).

Sari, A. M. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL STEM-PjBL TERINTEGRASI TPACK PADA SUB MATERI HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH [Universitas Negeri Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/80663

Sari, D. P. (2018). JURNAL SAINTIKA UNPAM Vol. 1, No. 1, Juli 2018. 1(1), 108–132.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Media Group.

Shofiyah, N. (2020). Pengaruh Penerapan Modul Dinamika Partikel Terintegrasi Permainan Tradisional Terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Ipa. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020, 6–7. http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/semarta/article/view/297%0Afile:///C:/Users/ERMAWATI-PC/Documents/GS FULL/GS 176.document-7.pdf

Stohlmann, M., Moore, T., & Roehrig, G. (2012). Considerations for Teaching Integrated STEM Education. Journal of Pre-College Engineering Education Research, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.5703/1288284314653

Suastra, I. W. (2005). MEREKONSTRUKSI SAINS ASLI (INDIGENOUS SCIENCE) DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN SAINS BERBASIS BUDAYA LOKAL DI SEKOLAH :Studi Etnosains pada Masyarakat Penglipuran Bali. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmana, R. W. (2018). Implementasi Pendekatan STEM ( Science , Technology , Engineering and Mathematics )untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal, 1.

Toffler, A. (1980). The Third Wave. Morrow.

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x

Tyas, R. A., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2020). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis discovery learning terintegrasi jajanan lokal daerah terhadap keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 114–125. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28459

Usdiana, N. E. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics) Berbantuan Schoology UntukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKreatifSiswa SMA MateriAlatOptik [Universitas Negeri Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/80799

Usman, U. (2008). Menjadi Guru Profesionalr. Remaja Rosdakarya.

Verawati, N. N. S. V., Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2014). Reviu Literatur Tentang Keterampilan Proses Sains. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 194. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v2i1.310

Windasari, N. S., Yamtinah, S., & Vh, S. (2020). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM ( PjBL-STEM ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA. 9(1), 47–53.

Wisnu Wibowo, I. G. A. (2018). Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan E-Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 315. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16321

Zulaeha, Z., Darmadi, I. W., & Werdhiana, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe And Explain terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Balaesang. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(2), 1. https://doi.org/10.22487/j25805924.2014.v2


Article Metrics

Abstract has been read : 2876 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v6i2.8688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat