PENGGUNAAN ANALOGI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI METODE EKSPERIMEN TOPIK ALIRAN ARUS LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X SMA YPPK TARUNA DHARMA KOTARAJA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran analogi (2) untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa antara kelompok kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan model analogi metode eksperimen dan kelompok kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YPPK TARUNA DHARMA Kotaraja, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebanyak 20 subjek sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebanyak 17 subjek sebagai kelas kontrol. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kuasi dengan rancangan nonequivalent control group design. Untuk mengetahui tingkat perbedaan penguasaan konsep siswa antara penggunaan model analogi metode eksperimen dan penggunaan metode ceramah digunakan uji beda (uji Mann Whitney), dan hasil yang diperoleh yaitu U hitung < U tabel atau 0 < 93. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan model analogi metode eksperimen dan penggunaan metode ceramah.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 1280 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id
Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) ISSN 2442-8868 (printed) , ISSN 2442-904X (online)
JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN KEILMUAN by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.