Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Materi Listrik Statis

Alvionica Hartin, Tomo Djudin, Nurussaniah Nurussaniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan metakognitif siswa di dalam menyelesaikan soal pada materi listrik statis, mengetahui bagaimana kemampuan metakognitif siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode yang digunkan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian adalah survei, instrumen adalah angket kemampuan metakognitif dan soal tes essai listrik statis. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII MAN 1 Singkawang berjumlah 25 orang siswa laki-laki dan 30 orang siswa perempuan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statisik deskriptif dan uji t indenpendent sampel menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, rata-rata kemampuan metakognitif pada aspek perencanaan sebesar 76,59%, aspek monitoring sebesar 73,09% dan evaluasi sebesar 67,64%. Terdapat perbedaan antara kemampuan metakognitif siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan nilai  (thitung = 2,236 > ttabel = 2,005).

Keywords


Kemampuan metakognitif; menyelesaikan soal; listrik statis

Full Text:

PDF

References


Aswandi R, Noor Fadiawati, Abdurahman. Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. ISSN: 2355-7109

Dilla, Siska Chindy, Wahyu Hidayat, Euis Eti Rohaeti. (2018).Faktor Gender Dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives. Volume 2, No. 1, pp. 129-136

Fitrianti. Sutji R. & Muh. Rizal. (2016). Analisis Metakognisi Siswa SMP Negeri I Buko Dalam Memecahkan Masalah Matematika. e-Jurnal Mitra Sains, 4(1), 58-65

Iskandar, M Srini (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains. ERUDIO, Vol. 2, No 2, ISSN 23029021

Kemendikbud .(2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Kusumaningrum, Gita. (2018). Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Pisa Pada Konten Change And Relationship. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta

Muhali, (2013), Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Jurnal Kependidikan Kimia ‘Hydrogen. Vol. 1 No. 1 (1-7). Program Studi Pendidikan Kimia IKIP Mataram.

Rifda Khairunnisa, Nining Setyaningsih, (2017), Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Gender. PROSIDING.. ISSN: 2502-6526. 18 Maret 2017

Sholihah, Ummum. (2016). Membangun Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. “TA’ALLUM” Vol. 04, No 01.

Siti Juwariyah, Trapsilo Prihandono, Sudarti, (2018), Analisis Jenis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Listrik Statis di MAN 6 Jombang. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 7 No. 3, hal 255-262

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tomo, Djudin, (2017), Using Metacognitive Strategies to Improve Reading Comprehension and Solve a Word Problem. Journal of Education, Teaching and Learning Volume 2 Number 1

Turan, S & Demirel, O. 2010. In What level and how medical students use metacognition? A case from hacettepe University. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2:948-952.


Article Metrics

Abstract has been read : 1528 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.5472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat