Pengembangan Aplikasi Fisika Berbasis Android pada Materi Alat Optik

Winda Setya, Muhamad Ruli Aulia, Ainul Yakin, Azzalya Nurisyani

Abstract


Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu untuk memudahkan proses belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran juga dapat membangkitkan keinginan atau minat serta motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis android pada pokok bahasan alat optik untuk siswa tingkat SMA/MA serta mengetahui kelayakan software media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dengan empat tahapan utama yaitu analisis, desain, produksi, dan evaluasi. Kualitas media pembelajaran fisika berbasis android dari hasil uji para ahli termasuk dalam kategori sangat baik dan uji coba terhadap peserta didik termasuk dalam kategori baik, sehingga produk media pembelajaran ini layak dipakai dalam proses pembelajaran di kelas.


Keywords


Media Pembelajaran; Alat Optik; Optik; Android

References


Azmi, M. J. (2017). Studi Pendahuluan Pengembangan Aplikasi Smartphone Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah. Vidya Karya, 31.1.

Hapsari, A. (2015). Hapsari, A. &. (). Hubungan antara Kesepian dan Kecenderungan Kecanduan Internet pada Remaja. Jurnal klinis dan kesehatan mental, 164-171.

Putra, R. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran: Diklat Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana UNY Program Studi Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta.

Wijaya, A. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Komputer Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smk Antartika Surabaya. IT-EDU, 2(01).


Article Metrics

Abstract has been read : 2089 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat