Penerapan Model Pembelajaran ADDIE Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus

Haris Rosdianto, Emi Sulistri, Nasa Munandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran ADDIE. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasy exsperiment dan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri 8 Singkawang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Peningkatan keterampilan proses sains diukur dengan menggunakan 14 soal pilihan ganda beralasan. Dari analisis dengan menggunakan N-gain, diperoleh peningkatan keterampilan proses sains sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, model pembelajaran ADDIE dapat menjadi solusi dalam peningkatan keterampilan proses sains siswa.

Keywords


Model Pembelajaran ADDIE; Keterampilan Proses Sains; Kinematika Gerak Lurus

Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 1-5.

Aji, A. C., Santosa, S., & Probosari, R. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Joyful Learning (Inter-joy) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, 3(1), 23-36.

Arkün, S., & Akkoyunlu, B. (2008). A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students’ opinions of the multimedia learning environment. Interactive educational multimedia: IEM, (17), 1-19.

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran instad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202-211.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs Traditional Methods: A Six-thousand-student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. Departement of Physics, Indiana Univercity, Bloomington, Indiana 47405.

Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the science process skills ability of prospective science teachers using I diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 3(1), 26-38.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran SMA/MA Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

McGriff, S. J. (2000). Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. Instructional Systems, College of Education, Penn State University.

Muslim, K., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Model Inkuiri Ilmiah Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor Dalam Kehidupan. EDUSAINS, 7(1), 88-96.

Nurseha, & Werdhiana, D. D. ( 2015). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Tentang Getaran Dan Gelombang Pada Kelas VIII SMP Negeri 5 Marawola. e-Jurnal Mitra Sains , 3(1), 9-19.

Purbasari, D. H. N. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Open Ended-Group Investigation dan Pembelajaran Konvensional terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 74-88.

Retnaningati, D., & Sugiharto, B. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Bio-Pedagogi, 2(1), 53-60.

Rezba, R. J., Sprague, C. & Fiel, R. L. (2002). Science Process Skills. Indian university South Bend: Kendall/Hunt Publishing Company.

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra. (2017). The Implementation Of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student's Concept Understanding On Newton's Law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 55-57.

Rustaman, N. Y. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, I. G. R., Murda, I. N., & Arcana, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Gugus IV Rama Jembrana. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Semiawan, C., Tangyong, A.F., Belen, S, Matahelemual, Y & Suseloarjdo, W. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta. Gramedia.

Siradjuddin, Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2018). Penerapan Model REACT Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Arus Listrik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 17-22.

Sulistri, E. (2016). The Investigation of Junior High School Students’ Science Process Skill in Terms of Some Variables. International Seminar on Mathmatics, Science, and Computer Education (109-117). Bandung: MSCEIS.

Sulistri, E., Nugroho, S., & Sulhadi. (2016). The Development Of Set Activity Based Assasment (ABA) To Measure Student Science Process Skill At Physics II. Proceeding International Conference On Teacher Education (INCoTePD) 2016, 113-119.

Wahyudi, A. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, 4(1), 5-11.


Article Metrics

Abstract has been read : 72 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.2947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 >

Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Kantor Program Studi Pendidikan Fisika
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat