APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21?

Authors

  • Tantri Mayasari IKIP PGRI MADIUN
  • Asep Kadarohman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadi Rusdiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ida Kaniawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Keywords:

Problem Based Learning, Project Base Learning, Keterampilan

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin pesat, peran pendidikan menjadi sangat penting dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki keterampilan abad 21. Salah satu upaya untuk menjawab tantangan ini dengan merubah peran guru dari dari penyedia dan peyampai informasi menjadi fasilitator untuk berbagi informasi dan pengetahuan serta melatihkan kemampuan memecahkan masalah kepada peserta didik. Pembelajaran konstruktivisme menjadi salah satu alternatif dalam melatihkan keterampilan abad 21. Model pembelajaran project based learning dan problem based learning menjadi model yang paling poluler pada pendekatan konstruktivisme. Namun, masih banyak para pendidik yang mengalami kebingungan dalam membedakan dan mengoperasikan  kedua model pembelajaran ini. Oleh karena itu, artikel ini mengulas persamaan dan perbedaan antara project based learning dan problem based learning, serta menjawab apakah kedua model pembelajaran tersebut mampu melatihkan keterampilan abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-03-20

Issue

Section

Articles