Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa

Magfira Febriana, Hasan Al Asy 'ari, Bambang Subali, Ani Rusilowati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle memanfaatkan media visual sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran materi gerak lurus. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Tahap pra-siklus menunjukkan keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 5%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 5% , dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok 12,5%. Pada siklus I hasil keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 40%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 6,7%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 62,5%.  Hasil siklus I menunjukkan belum ada peningkatan signifikan pada keaktifan siswa menjawab pertanyaan. Siklus II dilaksanakan dengan menambah pemberian reward  atau penghargaan bagi siswa aktif menjawab pertanyaan. Pada siklus II hasil persentase keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 43%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 33,3%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 75%. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inquiry pictorial riddle dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


Inquiry; Pictorial Riddle; Keaktifan

Full Text:

PDF

References


Del’an, Y.J, dan Bistari. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP pada Bilangan Pecahan dengan Teori Bruner. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(12), 1-15.

Hamalik, O. 2005. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.

Kristianingsih, D.D, S.S. Sukiswo, dan S. Khanafiyah. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat – alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2010), 10-13.

Mardiyan, R. (2012). Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan Metode Bermain Peran (Role Playing). Jurnal Pakar Pendidikan, 10(2), 151-162.

Murti, P.R, E. Wiyono, dan A. Jamaluddin. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X MIA 7 di SMA Negeri 1 Karanganyar pada Materi Pokok Fluida Statis. Prosiding, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret tanggal 25 Juni 2015. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Permatasari, D.I, Indrawati, dan A. Harijanto. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Fisika Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2014/2015 dengan Model Inkuiri melalui Teknik Pictorial Riddle. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 270-276.

Ratnasari, E, dan J. Maknun. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Peduli terhadap Lingkungan pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 3 Sumber. Scientiae Educatia, 5(2), 1-9.

Sari, N, et al. (2017). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 110-112.

Sochibin, A, P. Dwijananti, dan P. Marwoto. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI), 5(2009), 96-101.

Susilawati, F, dan W. Darmadi. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Fisika antara Metode Pictorial Riddle dan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Inquiry Terbimbing pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(3), 8-12.


Article Metrics

Abstract has been read : 3435 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v4i1.1879

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat