Penggunaan Pendekatan Writing To Learn dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Cahaya Dan Alat Optik

Uswatun Hasanah, Parlindungan Sinaga, David Edison Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP dengan menggunakan pendekatan writing to learn. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari penggunaan pendekatan writing to learn dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP pada materi Cahaya dan Alat Optik dengan nilai gain yang ternormalisasi (n-gain) sebesar 0,32 (sedang). Perbedaan peningkatan kemampuan literasi sains siswa setelah diberikan pendekatan writing to learn dengan nilai Cohen’s d sebesar 1,6 (large). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Writing To Learn dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.


Keywords


Writing To Learn; Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Becker, L. (2000). Effect Size. [Online]. Diakses dari: http://www.uccs.edu/lbecker/effect-size.html

Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics.

Hand, B. & Prain, V. (1996). Writing for learning in science: A model for use within schools. Australian Science Teacher Journal.

Klein, P. D. & Rose, M. (2010). Teaching Argument and Explanation to Prepare Junior Students for Writing to Learn. International Reading Association

Kuswana, W. S. (2010). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

OECD. (2016), PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing. [Online]. Di akses dari: http://www.oecd.org/edu/pisa-2015-assessment-and-analytical-framework-9789264255425-en.htm

Salamon, E. (2007). Scientific Literacy in Higher Education.

Walker, I. (2008). Null hypothesis testing and effect sizes. [Online]. Diakses dari: http://staff.bath.ac.uk/pssiw/stats2/page2/page14/page14.html

Tynjälä, P., Mason, L & K. Lonka (2001). Writing as a learning tool: An introduction. Dalam: G. Rijlaarsdam (Series ed.) & P. TynjaIa, L. Mason & K. Lonka (Volume eds.), Studies in Writing: Volume 7: Writing as a Learning tool: Integrating Theory and Practice, 7 -22. Kluwer Academic Publishers.


Article Metrics

Abstract has been read : 1348 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat