Tingkat Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Sains Pada Konsep Diagram Gaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian mahasiswa Pendidikan Sains pada mata kuliah Mekanika dengan konsep Diagram Gaya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Sains semester III Tahun Akademik 2016/2017 secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis untuk mengetahui kemandirian mahasiswa saat mengerjakan konsep diagram gaya dan angket untuk mengetahui tingkat kemadirian mahasiswa serta wawancara untuk menguatkan jawaban yang diproleh dari hasil tes tertulis dan angket.. Hasil penelitian tingkat kemandirian mahasiswa Pendidikan Sains menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki rasa percaya diri, inisiatif sendiri dan disiplin atas ketepatan waktu mengerjakan. Akan tetapi, mahasiswa kurang mampu mengontrol diri dan saling menggantungkan satu sama lain serta kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap penyelasaian tugas karena mereka kurang memiliki keinginan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Yulianti., S.Khanafiyah., Sugiyanto. 2012. Penerapan Virtual Experiment Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, hal. 127-134.
Dwi Yulianti. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Mekanika I Berbasis E-Learning untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29 (2), hal. 96-105.
Giancoli, Dauglas C. 2005. Physics: Prinsiples with Application Sixth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
I Kade Suardana. 2012. Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45 (1), hal.56-65
Isroah., Sumarsih. 2013. Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,11(1) 2013 hal 1-12.
RA Simon, MW Aulls, H Dedic, K Hubbard dan NC Hall. 2015. Exploring Student Persistence in STEM Programs: A Motivational Model. Cardian Journal of Education, 38 (1) hal. 1-27.
Article Metrics
Abstract has been read : 733 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id
Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) ISSN 2442-8868 (printed) , ISSN 2442-904X (online)
JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN KEILMUAN by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.