PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MELALUI METODE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA MATAKULIAH ASTROFISIKA

Mislan Sasono, Pujianto Pujianto

Abstract


       Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan langkah-langkah penerapan pendekatan konstruktivistik melalui metode learning cycle yang dapat mengaktifkan mahasiswa dalam proses belajar mengajar dan 2) mengetahui apakah pendekatan konstruktivistik melalui metode learning cycle dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika pada matakuliah astrofisika . Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi dan permasalahan yang terjadi pada mahasiswa fisika IKIP PGRI Madiun yang mengikuti matakuliah astrofisika. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian mahasiswa semester III yang mengikuti matakuliah astrofisika. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari rencana, tindakan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus ketiga adalah tindakan paling efektif jika dibandingkan dengan siklus yang lain. Tahap-tahap metode learning cycle pada siklus ketiga dapat mengaktifkan mahasiswa dalam proses pembelajaran fisika. Penerapan pendekatan konstruktivistik melalui metode learning cycle dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika pada mahasiswa. 


Keywords


Pendekatan Konstruktivistik; Metode Learning Cycle; Penguasaan Konsep Fisika.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 670 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat