PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN SEHAT MELALUI KEGIATAN BERMAIN COOKING CLASS

Lia Kurniawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan pelaksanaan kegiatan bermain cooking class untuk meningkatkan pengetahuan tentang makanan sehat. Penelitian ini dilakukan di Kelas 3 SDN Kebonsari I Kota Cimahi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis and Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus; setiap siklus terdiri dari tujuh pertemuan. Untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Kebonsari I Kota Cimahi yang berjumlah 20 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yang diperoleh berdasarkan pada peningkatan pengetahuan tentang makanan sehat dari pra-intervensi sampai ke siklus kedua sebesarĀ  100%. Hasil ini melebihi kesepakatan antara peneliti dan kolaborator sebesar 71%. Berdasarkan peningkatan prosentase tersebut hipotesis tindakan diterima.Analisis data kualitatif dibuat berdasarkan model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain cooking class dapat meningkatkan pengetahuan tentang makanan sehat pada siswa kelas 3 SDN Kebonsari I Kota Cimahi.

Keywords


pengetahuan tentang makanan sehat; kegiatan bermain cooking class.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1479 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v4i2.955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)



Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN