PENTINGNYA SINERGI ANTARA TENAGA KONSELOR, PENDIDIK, DAN ORANGTUA DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Prima Suci Rohmadheny, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Anak usia dini merupakan individu yang memiliki potensi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat serta fundamental. Mereka memiliki tahap pencapaian perkembangan di setiap usianya dan tidak menutup kemungkinan selama perkembangannya mereka menghadapi permasalahan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menangani permasalahan tersebut.

Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) dibutuhkan untuk membantu anak usia dini yang mengalami permasalahan secara individual, baik itu keterlambatan perkembangan maupun anak-anak yang cerdas-berbakat (gifted&talented). Ahli yang dapat memberikan layanan BK disebut dengan konselor, sehingga tenaga konselor sangat dibutuhkan bukan hanya tingkat SMP dan SMA tetapi juga di tingkat prasekolah agar mereka mendapat intervensi yang tepat sejak dini. Namun demikian, konselor tidak dapat bekerja sendiri. Tenaga konselor harus bersinergi dengan pendidik dan orangtua.

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hendaknya membangun kemitraan bersama tiga elemen penting, yaitu tenaga konselor, pendidik, dan orangtua.  Ketiganya harus bersinergi untuk menangani permasalahan anak. Lembaga PAUD direkomedasikan untuk bekerjasama dengan unit layanan BK di Perguruan Tinggi terdekat untuk mewujudkan sinergi tiga elemen tersebut, sedangkan penyelenggara program studi BK serta program profesi konselor hendaknya menyiapkan para lulusan agar memiliki kompetensi pula dalam menangani anak usia dini.


Keywords


konselor, pendidik, orangtua

Full Text:

Untitled

References


Corey, G. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmot, CA: Thomson Brooks/Cole

Dor, A. 2012. Parents’ Involvement in School: Attitudes of Teachers and School Counselors. US-China Education Review, B (11): 921-935.

George, M. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Gladding, Samuel T. 2009. Counseling: A Comprehensive Profession (Sixth Edition). USA: Pearson Education International.

Gysbers, N. C., & Henderson P. 2006. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Progam. USA: American Counseling Association.

http://www.naeyc.org/files/academy/file/OverviewStandarts.pdf (diakses 5 Oktober 2013)

Mapiare-AT, A. 1984. Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Natawidjaja, R. 1988. Peranan Guru dalam Bimbingan di Sekolah. Bandung: Abardien.

Nugent, Frank A. 1981. Professional Counseling: An Overview. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Ogunsanmi, J. O. 2011. Awareness of Teachers on the Effectiveness of

Guidance and Counselling Services in Primary Schools in Nigeria. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 1: 176-183.

Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 1994. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.

Santrock, J. W. 1998. Child Development. New York: McGraw-Hill

Semiawan, C. 2004. Potret Pengasuhan, Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: FORUM PAUD

Shertzer, B., & Stone, S.C. 1980. Fundamentals of Guidance. Boston: Hougton Mifflin Company.

Shertzer, B., & Stone, S.C. 1981. Fundamentals of Counseling. Boston: Hougton Mifflin Company.

Skiles, A. S. 2012. Professional Development Needs of Early Childhood Teachers in Wisconsin (Online), (www.winona.edu), diakses 10 Februari 2015.

Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online), (usu.ac.id ‎), diakses 10 Februari 2015.

Undiyaundeye, F. A. 2013. Counseling and Behaviour Management in Early Childhood for Child Care Development Education in Nigeria. Merit Research Journal of Education and Review, 1 (2): 019-022.

Yuksel, M., Kucukoğlu, E. K., Unsal, F. O., & Salli, D. 2014. The Development and Implementation of A Guidance Counseling Program Aiming to Support 54-66 Months Old Children's Development Level and Readiness for Primary School. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 5 (3): 13-25.


Article Metrics

Abstract has been read : 1565 times
Untitled file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v3i1.859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)



Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN