PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MATA KULIAH STATISTIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATISTIK MAHASISWA IKIP PGRI MADIUN

Sofia Nur Afifah, Ervan Johan Wicaksana

Abstract


Persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Statistik berhubungan dengan hasil belajar statistik mereka. Karena persepsi merupakan proses kesadaran, yakni kesadaran terhadap suatu objek yang menghantarkan pada suatu pengertian, proses atau kemampuan untuk merasakan hasil dari pengetahuan dan sebagainya yang diperoleh dengan perasaan dan pengertian atau gerak hati yang bersifat abstrak. Persepsi akan menghantarkan seseorang kepada pengertian atau pemberian makna tentang sesuatu. Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Statistik menggambarkan tingkat dan pengertian serta pengetahuan akan manfaat Statistik itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui persepsi Mahasiswa IKIP PGRI Madiun tentang Mata Kuliah Statistik, (2) Mengetahui pengaruh persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Statistik Terhadap Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa IKIP PGRI Madiun.  Penelitian ini menggunakan rancangan Mixed Methods yang terdiri dua macam penelitian, yang satu merupakan penelitian kualitatif dan yang satu merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil dari mahasiswa semester IV Program Studi PGSD IKIP PGRI Madiun Tahun Ajaran 2013/2014 sejumlah 28 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Selain teknik tersebut juga menggunakan uji hipotesis berupa uji spearman.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Persepsi Mahasiswa IKIP PGRI Madiun tentang Mata Kuliah Statistik secara garis besar termasuk berkategori baik; (2) Tidak terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah statistik terhadap prestasi belajar statistik mahasiswa IKIP PGRI Madiun hal ini terbukti pada hasil nilai P = 0,124 atau (P>0,05) dan nilai rxy = 0,294 yang artinya hubungan antara persepsi mahasiswa tentang mata kuliah statistik terhadap prestasi belajar statistik mahasiswa IKIP PGRI Madiun adalah lemah.


Keywords


Persepsi, Statistik, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono, 2009. Statistika Untuk Penelitian. (Edisi ke-2). Surakarta: UNS Press.

Miftah Thoha, 2003. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Noehi Nasution dan Adi Suryanto, 2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas terbuka

Pasaribu, Amudi, 1983. Pengantar Statistik, Jakarta : Galilia Indonesia.

Reni Akbar dan Hawadi. 2004. Akselerasi A-Z Informasi Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo.

Saifudin Anwar, 2005. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.

Saifudin Azwar, 1996. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. (Edisi II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Muhibbin Syah, 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sia, Tjundjing. 2001. Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sugihartono, dkk., 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Ullman, A. E. 1985. Data in Search of a Theory: A Critical Examination of the Relationships Among Social Performance, Social Disclosure and Economic Performance of U.S. Firms. Academy of Management Review, 10(3): 540–557.

Waidi, 2006. The Art of Re-engineering Your Mind for Success. Jakarta: Gramedia

Walgito, Bimo, 2004. Pengantar Psikologi Umum, Andi, Yogyakarta.

Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

W.J.S Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka


Article Metrics

Abstract has been read : 6138 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v2i1.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Care



Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN