PENERAPAN TEMA INSIDENTAL PADA PEMBELAJARAN DI KURIKULUM 2013

Vivi Sufiati Sufiati

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus yang dilakuan di Lab School UNIPMA Cendekia Kids School. Kasus yang diteliti adalah penerapan prinsip insidental pada pengembangan tema pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Observasi dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada guru dan kepala sekolah terkait pengembangan tema. Dokumen yang dianalisis adalah perencanaan pengembangan tema pada awal tahun ajaran, program semester, RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), dan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian). Tema menjadi kebijakan sekolah di kurikulum 2013 tetapi masih ada guru yang pemilihan tema mengacu pada kurikulum lama. Keberhasilan kurikulum diukur dari ketercapaian semua tema yang direncanakan dalam pembelajaran. Hal ini membuat prinsip insidental pada pengembangan tema tidak terpenuhi. Hasil penelitian di CKS prinsip insidental dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Tema insidental ada yang spontan dan terencana. Prinsip insidental yang spontan sumber ide berasal dari anak. Tema insidental yang terencana ada yang dilakukan selama 1 hari maupun 1 minggu dengan dilengapi puncak tema. Ide tema incidental juga bersumber dari even kusus, sesuatu yang terjadi tanpa diduga, guru, serta orang tua.

Keywords


tema, insidental, kurikulum, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alsubaie, M. A. (2016). Curriculum Development : Teacher Involvement in Curriculum Development, 7(9), 106–107. Direktorat Pembinaan PAUD, K. (2015). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan PAUD, Kemendikbud. Fogarty, R. (1991). Ten Ways to Integrate Curriculum. Association for Supervision and Curriculum Development, (October). Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., & Whiren, A. P. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Developmentally Appropriate Practices). Jakarta: Kencana. Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Maryatun, I. B. (2017). Pengembangan Tema Pembelajaran untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 41–47. Patankar, & Jadhav, M. . (2013). Role Of Teachers ’ In Curriculum Development For Teacher Role Of Teachers ’ In Curriculum Development For Teacher Education Presented by Ms . Megha Sahebrao Jadhav 1 Golden Jubilee DRF , Department of Education , Shivaji University , Kolhapur Department o, (October). Puckett, M. B., & Black, J. K. (1994). Authentic Assessment of Young Child Celebrating Development and Learning. New York: Merrill. Yin, R. . (2014). Case study research: Design and method. New York: SAGE.


Article Metrics

Abstract has been read : 860 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v6i2.5332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN