PENGARUH “G-MAZ ASIK” (GAME MAZE ALAT MUSIK) UNTUK MENGENALKAN ALAT MUSIK PADA ANAK TK

Mega Sari Werdiningsih, Riche Praditiya Purnama, Mei Rahayu Wijanarko

Abstract


Abstrak  Masa kanak-kanak merupakan masa paling penting karena merupakan pembentukan pondasi kepribadian yang menentukan pengalaman anak selanjutnya. Karakteristik anak usia dini menjadi mutlak dipahami untuk memiliki generasi yang mampu mengembangkan diri secara optimal mengingat pentingnya usia tersebut. Tidak dipungkiri, selama ini para orangtua umumnya hanya mengutamakan pendidikan formal saja untuk anak-anaknya seperti pendidikan membaca, menulis, berhitung, sampai berbahasa asing. Mereka terkadang merasa semua itu sudah cukup, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Disamping pendidikan formal, ternyata pendidikan non formal seperti mengembangkan aspek perkembangan dibidang seni melalui permainan “G-MAZ ASIK” (GAME MAZE ALAT MUSIK). Kepekaan akan suara dimulai sejak dalam kandungan. Menurut para ahli bayi di uterus sejak memasuki bulan keempat bereaksi terhadap suara, baik suara didalam tubuh maupun diluar kandungan. Bagi anak usia dini musik dapat membantu meningkatkan daya ingat anak. Berpartisipasi dengan alat musik di usia dini bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar anak usia dini dan ingatannya dengan merangsang pola yang berbeda-beda pada perkembangan otaknya.
 
Abstract  Childhood is the most important period because it is the formation of a personality foundation that determines the child's next experience. The characteristics of early childhood are absolutely understood to have a generation that is able to develop themselves optimally given the importance of that age. It is undeniable, so far the parents generally only prioritize formal education for their children such as reading, writing, arithmetic, and foreign language education. They sometimes feel that all is enough, even though this is not entirely true. Besides formal education, it turns out non-formal education such as developing aspects of development in the field of art through the game "G-MAZ ASIK" (GAME MAZE MUSIC TOOLS). Sensitivity to sound starts in the womb. According to experts, babies in the uterus from entering the fourth month react to sounds, both sounds inside the body and outside the womb. For early childhood music can help improve children's memory. Participating with musical instruments at an early age can help improve early childhood learning abilities and memories by stimulating different patterns in the development of the brain.

Keywords


anak ; permainan ; musik ; children ; games ; music

Full Text:

PDF

References


Djohan. 2010. Respoon Emosi Musikal. Bandung: Lubuk Agung. Hartono. Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini. Vol. VIII No. 1/ JanuariApril 2007. Staf Pengajar Jurusan Sendratasik FBS Universitas Negeri Semarang. Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mulyani, Novi. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosda karya. Prayitno. 2009. Pendidikan, Dasar Teori dan Praktis. Padang: UNP Press. Santi, Danar. 2009. Pendidikan Anak usia Dini Antara Teori Dan Praktek. Jakarta: PT. Indeks. Seefeldt, Carol & Barbara Waik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Terjemahan Pius Nasar. Jakarta: Indeks. Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo, Anggota Ikapi. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Wicaksono, RY, Udi, Utomo. Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini: Studi Kasus Di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. JURNAL SENI MUSIK 6(2) (2017). Jurusan Sendratasik FBS Universitas Negeri Semarang. ISSN2301-6744. Widia Pekerti, dkk. (2008). “Metode Pengembangan Seni”. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract has been read : 525 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v7i1.4697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN