PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCIPTAKAN KETAHANAN NASIONAL (STUDI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)

Asti Inawati

Abstract


Abstrak  Fungsi pendidikan diantaranya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Fungsi ini sangat erat kaitanya dengan ketahanan suatu bangsa. Maka tujuan dari penulisan ini adalah untuk (1) mengetahui peran lembaga pendidikan Islam dalam menciptakan ketahanan nasional, (2) memberikan masukan kepada para pemangku kebijakan terkait upaya untuk menciptakan ketahanan nasional dalam kaitannya dengan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dirancang secara deskriptif kualitatif dengan mencari literatur atau sumber referensi pendukung. Referensi pendukung disesuaikan dengan topik yang dibahas yang bersumber dari buku, jurnal, artikel dan peraturan perundang-undangan. Hasil menunjukkan bahwa peran lembaga pendidikan Islam diantaranya adalah sebagai (1) tempat pengenalan, pembiasaan, dan penguatan karakter dan akhlak mulia, (2) tempat awal untuk mewujudkan cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada stabilitas dan ketahanan nasional, (3) tempat berlindung bagi anak. Dalam hal ini diharapkan kebijakan pendidikan dan kebijakan perlindungan anak diharapkan dapat saling memperkuat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini bisa ditempuh dengan penguatan karakter anak sesuai dengan nilai-nilai Islam dan disesuaikan dengan peraturan mengenai undang-undang perlindungan anak sehingga ketahanan nasional dapat terwujud.

Abstract The function of education among the intellectual life of the nation. This function is very close relation to the resilience of a nation. So the goal of this paper is to (1) determine the role of Islamic educational institutions in creating national security, (2) provide input to policy makers regarding efforts to create a national defense in relationship with early childhood education. The study was designed as a qualitative descriptive find literature or reference source supporters. References support tailored to the topics covered are sourced from books, journals, articles and legislation. The results indicate that the role of Islamic educational institutions are as (1) a recognition, habituation, and the strengthening of character and noble character, (2) a starting place to realize the ideals of the intellectual life of the nation, which in turn will affect the stability and national security, (3) a refuge for children. In this case the expected policy of education and child protection policy is expected to strengthen each other in an effort to educating the nation. It can be reached by strengthening the character of children in accordance with Islamic values and adapted to the regulations regarding child protection laws so that national defence can be realized.


Keywords


lembaga pendidikan Islam ; PAUD ; ketahanan nasional ; organization of Islamic education ; early childhood education ; national defence

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Yatimin, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran, Jakarta: Amzah, 2007. Al-Syaibany, Omar Mohammad AlToumy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1975. Karim, Abdul, Islam dan Kemerdekaan Indonesia, Yogyakarta: Sumbangsih Press, 2005. Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Tolok ukur Kondisi Ketahanan Nasional, PT. Aries Lima,1989. Majid, Abdul. dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Rosda, 2004. Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2015. Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia, Cet.Ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007. Noorlaila, Iva, Panduan Lengkap Mengajar PAUD, Yogyakarta: Pinus Book Publiser, 2010. Pranarka, A.M.W., Relevansi AjaranAjaran Ki Hadjar Dewantara Dewasa ini dan di masa yang akan datang dalam Wawasan Kebangsaan, ketahanan Nasional, dan wawasan (Lembaga Pengkajian Kebudayaan Sarjana Wiyata Tamansiswa). Pranowo, Bambang, Multidimensi Ketahanan Nasional, Jakarta: Pustaka Alvabet, 2010. Rachman, Fauzi, Islamic Parenting, Jakarta: Erlangga, 2011. Syahidin, dkk, Moral dan Kognisi Islam, cet.ke-3, Bandung: Alfabeta, 2009. Wiyani, Novan Ardy, Bina karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

JURNAL Ariyulinda, Nita, Penanganan Kekerasan Terhadap Anak Melalui UU Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan UU Tentang Perlindungan Anak, Jurnal Rechts Vinding Online Media Pembinaan Hukum Nasional, ISSN 2089-9009. Fitri, Aidil M, Hatta., 2012, “Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam dalam Ketahanan Nasional (Poleksosbudhankam ) untuk Mewujudkan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Nomor 320. Ilyas, Pendidikan Karakter, 2016, Melalui Homeschooling, Journal Of Nonformal Education. JNE 2 (1)

Riswanti, Yulia, “Urgensi Pendidikan Islam dalam Membangun Multikulturalisme”, Jurnal Kependidikan, Riset, dan Pengembangan Pendidikan Islam, Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Vol.3 No. 2, JuliDesember 2008. Sanaky, Hujair Ah, Paradigma Baru Pendidikan Islam, Sebuah Upaya Menuju Pendidikan Yang Memberdayakan.

PUBLIKASI ELETRONIK Widiyanto, Danar 2013, “Indonesia 'Darurat' Kekerasan Terhadap Anak”, dalam http://krjogja.com/web/news/read/9 581/Indonesia_Darurat_Kekerasan_ Terhadap_Anak (diakses 18 September 2016)


Article Metrics

Abstract has been read : 91 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

JURNAL CARE by
E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats