PENERAPAN METODE PERMAINAN MENCONTOH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK BTK SIWI PENI NAMBANGAN LOR KOTA MADIUN
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan meniru huruf di TK Siwi Peni Nambangan Lor Kota Madiun.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Nopember tahun 2016 dan bertempat di TK Siwi Peni Nambangan Lor Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalak anak kelompok B TK Siwi Peni Nambangan Lor Kota Madiun yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Adapun faktor-faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor anak TK: yaitu mengamati dan menilai aktifitas belajar anak dalam proses pembelajaran, (2) Faktor guru, mengamati dan menilai segala aktifitas guru ketika mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran melalui perminan mencontoh. (3) Faktor sumber, bahan dan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan keias ini dilaksanakan sebanyak dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Sumber data, penelitian diperoleh dari guru dan anak didik, selain itu dari dokumen-dokumen jenis data adalah data kualitatif yang diperoleh dengan menggunakan pedoman observasi dan teknik dalam pengumpulannya pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analis dalam penelitian ini dengan menggunakan deskripsi berupa persentase.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru TK Siwi Peni Nambangan Lor Kota Madiun dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan mencontoh huruf dapat ditingkatkan, terbukti dari hasil tes awal anak yang hanya mencapai indikator keberhasilan kinerja 50%, pada siklus I meningkat menjadi 70 % dan pada siklus II anak yang mencapai indikator keberhasilan kinerja meningkat menjadi 90%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tidakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.
Depdiknas. (2007). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2010). Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Hasibuan, J. J., dkk. (1994). Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak. Jakarta Erlangga.
Ismail, A. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.
Moore. (2001). Kegiatan Belajar Mengajar di TK. Bandung: Depdiknas.
Montolalu, B. E. F. (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta; Universitas Terbuka.
Mulyadi, S. (2004). Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Jakarta: Papan SinarSinanti.
Mulyati, dkk. (2008). Seni menuangkan gagasan. Yogyakarta: Kansius.
Musfiroh, T. (2010). Cerdas Melalui Bermain (Cara Mengasah Multiple Intelegence Pada Anak AUD). Jakarta: Grasindo Gramedia WidiaSarana Indonesia.
Nurgiantoro, B. (1994). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Patmonodewo & Soemiarti. (2000). Pendidikan Anak Persekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Jamaris, M. (2003). Perkembangan dan Perkembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PPS UNJ.
Slamet. (2008). Keterampilan Dasar Menulis Permulaan Anak TK. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syafei, I. (1984). Retorika. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan. (1991). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Aksara.
Usman, U. dan Setiawati, L. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Penyusunan Perangkat KBM Untuk Taman Kanak-Kanak.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract has been read : 590 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i1.3963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN