Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok Bmelalui Kegiatan Mewarnai Gambar di RA Al Muta A’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mewarnai gambar. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al Muta’ Alimin Jati Rahayu Pondok Gede Kota Bekasi pada Februari sampai dengan April 2017 Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan ,Rancangan penelitian Model Kemmist dan Taggart , yaitu Setiap Siklus ada 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan,Pengamatan dan Refleksi. Penelltian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Objek Penelitian pada anak kelompok B usia 5-6 tahun , Jumlah siswa ada 18 siswa , terdiri 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kreativitas anak dan data pengajaran guru melalui kegiatan mewarnai gambar. Kedua data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi..Instrument penelitian berupa pencatatan wawancara, lembar pemantau tindakan dan catatan lapangan. Teknik analisis data adalah teknik analisis komparatif. Hasil analisis peningkatan kreativitas anak rata-rata pada prasiklus 47,2 % artinya kreativitas anak mulai berkembang.Setelah dilakukan tindakan siklus I maka peningkatan kreativitas anak mencapai 64,6 % artinya peningkatan kreativitas anak berkembang sesuai harapan namun sudah ada peningkatan. Setelah dilakukan tindakan Siklus II rata-rata peningkatan kreativitas anak meningkat signifikan 83,3% Hal tersebut menunjukan kesesuaian dengan hipotesis maka hipotesis diterima.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan kreativitas Anak dengan hasil Berkembang Sangat Baik .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryani dkk (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Purwakarta: Alma Sejahtera.
Hardjadinata, Yohana. (2009). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
Hirai Maya. (2010). Batitaku Mandiri.Jakarta: Dian Rakyat
Kunandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Raja Grafindo Persada,
Listya, Nurwanti. (2010).Panduan Praktis Menggambar Dan Mewarnai Untuk Anak. Jogjakarta:Power Books.
Martinis Yamin dkk. (2012). Panduan PAUD.Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Muhammad, As’adi. (2009). Kreasi Origami Favorit. Jakarta:Kawan Pustaka.
Nurani, Yuliani Sujiono. (2009). Anak Pintar Membaca dan Mewarnai. Yogyakarta:Laksana.
__________________________. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia. Jakarta: DIKTI.
Nusa Putra dkk. (2012). Penelitian Kualitatif PT Raja Grafindo Persada.
Sabrina. (2010).Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek
Suharsimi Arikuto dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Yeni Rachmawati dkk. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana,
Article Metrics
Abstract has been read : 1713 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i1.3961
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN