GAYA BELAJAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK MARGOBHAKTI KOTA MADIUN

Isna Alfi Saputri, Dian Ratnaningtyas Afifah

Abstract


Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini harus berlandaskan pada kebutuhan anak, disesuaikan dengan nilai-nilai yang dianut di lingkungan di sekitarnya, sesuai dengan tahap perkembangan fisik dan psikologis anak, dilaksanakan dalam suasana bermain yang menyenangkan dan dirancang untuk mengoptimalkan potensi anak. Setiap anak memiliki keunikan sendiri-sendiri dalam belajar, ada anak yang cenderung bergaya visual, auditori maupun kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang gaya belajar pada anak usia dini khususnya anak kelompok B di TK Margobhakti sehingga pendidik dapat menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar anak-anak, harapannya hasil belajar anak akan lebih optimal.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dalam proses pembelajaran dan dokumentasi hasil kegiatan anak. Hasil penelitian menunjukkan dari 15 anak, 8 anak diantaranya cenderung memiliki gaya belajar visual, 2 anak cenderung memiliki gaya belajar auditori, 5 anak cenderung memiliki gaya belajar kinestetik. Dari hasil tersebut, pendidik dapat mengelompokkan anak sesuai dengan gaya belajarnya, dan pembelajaran yang diberikan sesuai dengan gaya belajar anak.


Keywords


Gaya Belajar; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Astuti. 2013. Perbedaan Kemampuan Berhitung Ditinjau Dari Gaya Belajar Anak Pada Anak TK Kelompok B TK Aisiyah Desa Kaligentong, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, (online) (http://eprints.ums.ac.id/23545/1/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf, diunduh 9 Maret 2016)

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Priyatna, A. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak!Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, 2015. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Susilowati, Retno 2013. Pemahaman Gaya Belajar ada Anak Usia Dini. Online Jurnal STAIN Kudus. Volume 1, Jilid 1. (online) (http://pgra.tarbiyah.stainkudus.ac.id/files/Retno%20Susilowati.pdf, Di unduh 03 Maret 2016).

Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Yus, A. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak – kanak. Jakarta: Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract has been read : 6185 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v6i2.3943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN