PERAN PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT MADANI

Rosyida Nurul Anwar, Yana Dwi Christanti

Abstract


Abstrak

Konsep Islam tentang pendidikan anak bersifat sistematik, yaitu konsep yang mengandung beberapa komponen pendidikan yang saling terhubung. Tujuan daripada pendidikan anak perempuan adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman kepada pihak yang terlibat dalam mendidik dan mengembangkan anak seperti orangtua dan guru. Dalam mengembangkan potensi anak sejak lahir, pembentukan yang berkualitas dimulai dengan kesiapan optimal diberbagai bidang. Anak perempuan dididik agar meletakkan nilai-nilai dasar manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang khas, unik, memiliki potensi, kepribadian serta minat bakat sehingga masyarakat yang berperadaban tinggi dapat terwujud secara optimal. Proses pengembangan ilmu dan keterampilan oleh anak perempuan dengan cara penanaman nilai-nilai demokrasi, akhlak, keimanan, keadilan, kelembutan, toleransi, egalitarian, menegakkan hak dan kewajiban perempuan dalam masyarakat untuk membangun dan memberdayakan manusia serta masyarakat yang berkualitas yang memiliki kemampuan kompetitif, kreatif, inovatif dan menerima perubahan sehingga pendidikan tersebut dapat mendatangkan kemashlatan dalam kehidupan manusi sehingga pendidikan yang diterima oleh anak perempuan akan memperoleh manfaat besar berupa pengetahuan, kekuatan, harga diri juga persatuan.


Keywords


pendidikan; anak perempuan; masyarakat madani

References


Fazillah, N. (2017). Konsep Civil Society Nurcholish Madjid Dan Relevansinya Dengan Kondisi Masyarakat Indonesia Kontemporer. Al-Lubb, 2(1), 206–225.

M. Quraish Shihab. (1996). Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Rosdakarya.

Nata, A. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syarifudin, A. (2017). Peran Strategis Kaum Perempuan dalam Mewujudkan Masyarakat Religi. An Nisa’a: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 12(1), 21–32. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/

Yusuf, M. (2014). Membangun Pendidikan yang Bermutu menuju Masyarakat Madani. JRR, (1), 1–9.


Article Metrics

Abstract has been read : 730 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN