MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN

Turina Dyah Puspitorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
melalui penggunaan media papan flanel pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina
Kecamatan Taman Kota Madiun. Kemampuan membaca permulaan yang diteliti yaitu
mengenalkan simbol-simbol huruf, membaca kata yang memiliki huruf awal yang sama,
menghubungkan gambar dengan kata, dan membaca gambar yang memiliki kalimat
sederhana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh
Kemmis dan Mc. Taggart dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 19
anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Metode
pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca permulaan anak dengan kategori baik
sudah mencapai persentase minimal sebesar 75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat
ditingkatkan dengan menggunakan media papan flanel. Keberhasilan tersebut dilakukan
dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) guru mempersiapkan media papan flanel
beserta item-itemnya, (2) guru memberi contoh cara mengenali huruf dan membaca kata,
(3) guru memberi contoh membaca gambar bertuliskan kalimat sederhana, (4) anak diberi
kesempatan untuk melihat, dan menempel ataupun melepas item-itemnya, (5) guru
memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca
permulaannya masih sulit, (6) guru mendampingi dan memotivasi anak. Hasil observasi
dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan membaca permulaan untuk kriteria baik pada
setiap siklusnya, pada saat pra tindakan menunjukan hasil 26,32%, kemudian mulai
meningkat pada siklus I yaitu 52,63% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi
84,21%.




Keywords


membaca permulaan; media papan flanel;

Full Text:

PDF

References


Acep Yoni, dkk. (2010). Menyusun

Penelitian Tindakan Kelas.

Yogyakarta: Famili.

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan

Anak Usia Dini. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Andang Ismail. (2006). Education Games.

Yogyakarta: Nuansa Aksara.

Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media

Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Pers.

Azhar Arsyad. (2006). Media

Pembelajaran. Jakarta: PT

RajaGrafindo persada.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto.

(2013). Media Pembelajaran:

Manual dan Digital. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan

Pengembangan Sumber Belajar

Untuk Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih.

(1996/1997). Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia Di

Kelas Rendah. Jakarta:

Depdikbud.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Ernawulan Syaodih. (2005). Bimbingan

Di Taman Kanak-kanak. Jakarta:

Depdiknas.

Farida Rahim. (2008). Pengajaran

Membaca Di Sekolah Dasar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hujair AH Sanaky. (2013). Media

Pembelajaran InteraktifInovatif. Yogyakarta: Kaukabar

Dipantara.

Kasihani Kasbolah. (1998/1999).

Penelitian Tindakan Kelas

(PTK). Jakarta: Depdikbud.

Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar

Aktif Di Taman Kanak-Kanak.

Jakarta: Depdiknas.

Milman Yusdi. (2011). Pengertian

Kemampuan. Diakses dari

http://milmanyusdi.blogspot.co

m

Moeslichatoen R. (2004). Metode

Pengajaran di Taman Kanakkanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muh. Nur Mustakim. (2005). Peranan

Cerita Dalam Pembentukan

Perkembangan Anak TK.

Jakarta: Depdiknas.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana.

(1998/1999). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip-prinsip

dan Teknik Evaluasi

Pengajaran. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Nurbiana Dhieni, dkk. (2008). Metode

Pengembangan Bahasa. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Permendiknas No.58. (2010). Standar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: Kemendiknas.

Rosmala Dewi. (2005). Berbagai Masalah

Anak Taman Kanak-kanak.

Jakarta: Depdiknas.

Rusdinal dan Elizar (2005). Pengelolaan

Kelas Di Taman Kanak-kanak.

Jakarta: Depdiknas.

Saleh Abas. (2006). Pembelajaran

Bahasa Indonesia yang Efektif di

Sekolah Dasar. Jakarta:

Depdiknas.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Seefeld, Carol & Wasik, Barbara. (2008).

Pendidikan Anak Usia Dini

Menyiapkan Anak Usia Tiga,

Empat, dan Lima Tahun Masuk

Sekolah. (Alih Bahasa: Pius

Nasar). Jakarta: PT INDEKS.

Sofia Hartati. (2005). Perkembangan

Belajar Pada Anak Usia Dini.

Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2007) Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur

penelitian Suatu pendekatan

Praktik. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Suhartono. (2005). Pengembangan

Keterampilan Bicara Anak Usia

Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sukidin, dkk. (2002). Manajemen

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Insan Cendikia

Suwarsih Madya. (2007). Teori dan

Praktik Penelitian Tindakan

(Action Research). Bandung:

Alfabeta.

Syakir Abdul Azhim. (2002).

Membimbing Anak Terampil

Berbahasa. Seri Keluarga.

Jakarta: Gema Insani.

Tadkiroatun Musfiroh. (2005). Bercerita

Untuk Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Kemendiknas.

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta:

Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract has been read : 2517 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i2.3109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN