IDENTIFIKASI KEBERADAAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI (BUKAN) KAMPUNG IDIOT
Abstract
pada suatu wilayah di Jawa Timur. Stigma yang diberikan oleh berbagai media baik cetak maupun online
bahwa wilayah ini disebut sebagai Kampung Idiot, menjadi dorongan peneliti untuk mengeksplorasi lebih
jauh tentang kampung ini khususnya pada kajian anak usia dini. Peneliti mengambil lokasi dengan jumlah
penduduk dewasa terbanyak yang mengalami gangguan perkembangan, dengan asumsi diantara mereka
ada anak usia dini yang mengalami hambatan perkembangan pula. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tak
terstruktur dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan mengunakan model miles & hubberman
dengan alur pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa jumlah anak usia dini berkebutuhan khusus sebelum tahun 2014 dan
setelah tahun 2014 mengalami perubahan. Ditemukan data sebelum tahun 2014 sebanyak 8 anak.
Kemudian setelah tahun 2014 data anak usia dini yang semulai 8 anak diperoleh rincian: 4 anak telah
bergabung dalam pendidikan prasekolah, 2 orang anak di rumah, 1 anak telah mengikuti orangtua ke luar
kota dan 1 anak lainnya telah meninggal dunia. Maka, data terakhir anak usia dini berkebutuhan khusus di
sini tersisa 5 anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suriasumantri, J. S. (1988). Filsafat
Ilmu. Jakarta: Sinar Harapan.
Rohmadheny, P. S. (2016). Studi Kasus
Anak Down Syndrome Case Study
of Down Syndrome Child. Jurnal
CARE (Children Advisory Research
and Education), 3(3), 67-76.
Bethell, C. D., Read, D., Stein, R. E.,
Blumberg, S. J., Wells, N., &
Newacheck, P. W. (2002).
Identifying Children With Special
Health Care Needs: Development
and Evaluation of A Short
Screening Instrument. Ambulatory
Pediatrics, 2(1), 38-48.
Bright Futures Steering Committee, &
Medical Home Initiatives for
Children With Special Needs
Project Advisory Committee.
(2006). Identifying Infants and
Young Children With
Developmental Disorders In The
Medical Home: An Algorithm For
Developmental Surveillance and
Screening. Pediatrics, 118(1), 405-
Wiyani, Novan A. (2014). Penanganan
Anak Usia Dini Berkebutuhan
Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media
Soetjiningsih. (1995). Tumbuh Kembang
Anak. Jakarta: EGC
Rohmadheny, P.S. & Saputra, W.N.E.
(2015). Sinergi Konselor, Pendidik,
dan Orangtua di Satuan PAUD.
Jurnal CARE (Children Advisory
Research and Education), 3(1), 1 -
Kementerian Pendidikan & Kebudayaan,
RI (2017). Peraturan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 30 Tahun Tahun 2017
tentang Pelibatan Keluarga dalam
Penyelenggaraan Pendidikan
Masithah, T., & Martianto, D. (2005).
Hubungan Pola Asuh Makan dan
Kesehatan dengan Status Gizi Anak
Balita di Desa Mulya Harja.
Devi, M. (2012). Analisis faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap status
gizi balita di pedesaan. Teknologi
dan Kejuruan, 33(2).
Gunawan, G., Fadlyana, E., & Rusmil, K.
(2016). Hubungan status gizi dan
perkembangan anak usia 1 -2
tahun. Sari Pediatri, 13(2), 142-6
Diana, F. M. (2006). Hubungan pola asuh
dengan status gizi anak batita di
Kecamatan Kuranji Kelurahan
Pasar Ambacang Kota Padang
tahun 2004. Jurnal Kesehatan
Masyarakat Andalas, 1(1), 19-23.
Briawan, D., & Herawati, T. (2008).
Peran stimulasi orangtua terhadap
perkembangan anak balita keluarga
miskin diakses pada
http://repository.ipb.ac.id/handle/1
/36057
Feldman, M. A. (1994). Parenting
education for parents with
intellectual disabilities: A review of
outcome studies. Research in
Developmental Disabilities, 15(4),
-332.
Lloyd, E. (1999). Parenting Matters:
What Works in Parenting
Education?. Barnardo's, Tanners
Lane, Barkingside, Ilford, Essex
G6 1QG, England, United
Kingdom (10 British pounds). Web
site: http://www. barnardos. org.
uk.
Apriastuti, D. A. (2013). Analisis Tingkat
Pendidikan Dan Pola Asuh Orang
Tua Dengan Perkembangan Anak
Usia 48–60 Bulan. Jurnal Bidan
Prada, 4(01).
Article Metrics
Abstract has been read : 1409 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i2.3108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN