PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA DEMANGAN KOTA MADIUN

Tutik Eko Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara metode bercerita dengan
menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara
anak dan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita
dengan media buku cerita bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas anak dan guru. Subjek penelitian yaitu kelompok B berjumlah 14 orang anak
yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Penelitian dilakukan
dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar dalam
pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Terbukti dengan
hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75% atau nilai
rata-rata 4, yaitu pada hasil akhir di siklus kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicara
anak 4,25 atau dalam kriteria baik dan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Dari hasil
penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan metode bercerita dengan media
buku cerita bergambar karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada
anak usia dini.


Keywords


Kemampuan Berbicara; Metode Bercerita; Media Buku cerita Bergambar

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian

Tindakan Kelas untuk Guru SD,

SLB, TK . Bandung : CV. Yrama

Widya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2010. Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Pers

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2007. Metode

Pengembangan Bahasa. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Fadlillah, Muhammad. 2010. Desain

Pembelajaran PAUD.

Jogjakarta; Ar-Ruzz Media

Handayani, Lola. 2013. Mengembangkan

Kemampuan Berbicara Anak

Melalui Metode Bercakapcakap: Universita Bengkulu

Https://www.scribd.com/doc/85337574/2

/a-Pengertian-CeritaBergambar (Susilowati, 2010:32

diunduh 15-02-2015 jam 11:25

wib)

Http://umprodipaud.blogspot.com/2010/1

/pengembangan-kemampuanberbahasa-anak.html(Andi

diunduh jum‟at-19-12-

,pukul 12.00 wib)

Hurluck, Elizabeth B. 1978.

Perkembangan Anak Jilid 1.

Jakarta; Erlangga

Kemendiknas. 2011. Peraturan Mentri

Pendidikan Nasional No. 58

Tahun 2009 Kurikulum PAUD

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran

Di Tanam Kanan-Kanan.

Jakarta:PT Rineka Cipta

Musbikin, Imam.2012. Tumbuh Kembang

Anak. Jogjakarta:FlashBooks.

Sardjono. 2005. Terapi Wicara.

Jakarta:Depdiknas.

Senja, Pipit, dkk. 2015. Aku Tak Penakut

Lagi. Jakarta Timur:Bestari

Senja, Pipit, dkk. 2014. Naik Delman di

Kota Gudeg. Jakarta

Timur:Bestari

Senja, Pipit, dkk. 2015. Siti dan Rumah

Kardus. Jakarta Timur:Zikrul

kids

Senja, Pipit, dkk. 2014. Asyiknya JalanJalan. Jakarta Timur:Bestari

Senja, Pipit, dkk. 2014. Kami Sayang

Ayah. Jakarta Timur:Bestari

Senja, Pipit, dkk. 2014. Jangan Cemberut

“Dong”. Jakarta Timur:Bestari

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Administrasi. Bandung:

Alfabeta, cv.

Suhartono. 2005. Pengembangan

Keterampilan Bicara Anak Usia

Dini.Jakarta:Depdiknas.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep

Dasar Pendidikan Anak Usia

Dini. Jakarta:Indeks.

Tarigan. Hendri Guntur. 1983. Berbicara

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wiriaadmadja, Rochiati.2009. Metode

Penelitian Tindakan

Kelas.Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Yamin, Martinis dkk. 2013. Panduan

Paud.Jambi:Gaung Persada

Press Group.


Article Metrics

Abstract has been read : 4391 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i2.3107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN