Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar

Syamsuardi Syamsuardi, Hajerah Hajerah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan pada lembaga PAUD
di Kota Makassar, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemilihan model pembelajaran dan
untuk mengetahui keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran dengan tingkat kepercayaan
masyakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu suatu metode yang
mengamati, menganalis dan menggambarkan fenomena yang terjadi yang meliputi: planing, organizing,
actuating, controlling dan faktor-faktor yang memiliki kontribusi terhadap penerapan model pembelajaran
pada satuan PAUD di Kota Makassar. Jenis dan sumber data menggunakan jenis data kualitatif dengan
sumber data responden yang dibagi menjadi dua yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Dengan
demikian peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data.
Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Makassar. Pemilihan
informan dilakukan dengan menggunakan tehnik tehnik cluster random sampling dengan teknik analisis
data mengikuti langkah- langkah seperti yang dianjurkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data,
display data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan
model pembelajaran di taman kanak-kanak kota makassar pada umumnya digunakanmodel pembelajaran
sentra, kelompok dan area yang didominasi oleh model pembelajaran sentra. Adapun faktor yang
mempengaruhi penerapan model pembelajaran adalah ketersediaan sumber daya manusia dan sarana
prasarana lembaga. Sementara keterkaitan tingkat kepercayaan masyarakat dengan penggunaan model
pembelajaran ditemukan bahwa penggunaan model sentra memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang
lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya.


Keywords


model pembelajaran, taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Bredekamp, Sue & Couple, Carol. 1997.

Developmentally Appropriate

Practice in Early Childhood

Programs. Washington: NAEYC

Hamzah Uno, Model Pembelajaran:

Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Kreatif dan

Efektif,Jakarta: PT Bumi Aksara,

Hurlock, Elizabeth. B. 1978. Child

Development, Sixt Edition. New

York:Mc.Graw Hill, Inc.

Indonesia, P.R., 2003. Undang-undang

Republik Indonesia nomor 20 tahun

tentang sistem pendidikan

nasional.

Joyce, Bruce. 2009. Models of Teaching:

Advance Organizer. New Jersey:

Pearson education

Muhibbin. 2003. Manajemen, Teori,

Praktik dan Riset Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Roestiyah. 2002. Strategi Pembelajaran

Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan

Madani.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian

Kunatitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suhartono. 2009. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2010. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif,

Jakarta: Kencana Perdana Media

Group, 2010, cet. 4

Prawiradilaga DS, dkk. 2008. Prinsip

Desain pembelajaran, Jakarta:

Prenada Media Group.

Wina Sanjaya.2007. Kajian Kurikulum

dan Pembelajaran, Bandung: Pasca

Sarjana Universitas Pendidikan

Indonesia, 2007


Article Metrics

Abstract has been read : 1598 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i2.3104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN