MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MEDIA POSTER PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS BHAKTI

Erna Sulismiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun (kelompok B) dengan media poster di TK Tunas Bhakti Kota Madiun. Kemampuan berbicara tersebut meliputi struktur kalimat,kosakata dan artikulasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan kolaboratif dengan guru dan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 15 anak. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berbicara melalui media poster. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrument lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada kemampuan berbicara adalah 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mediaposter dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak setelah dilakukan tindakan. Hasil penelitian ini yaitu pada pratindakan 23,7%. Setelah dilakukan tindakan siklus I terjadi peningkatan yaitu 46,7%. Karena siklus I belum tercapai indikator yang diharapkan Selanjutnya diadakan siklus II dengan hasil yang dicapai yaitu 75,56% yang telah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan yaitu 75%. Langkah-langkah dalam pembelajaran media poster yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak adalah poster ditempelkan di papan tulis kemudian guru mengenalkan media poster dan memberikan penjelasan apa yang ada di dalam gambar poster tersebut sehingga anak memahami isi di dalam poster. Kemudianguru mengajak anak bertanya jawab satu persatu mengenai maksud dari poster tersebut. Dengan demikian menggunakan media gambar poster dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Keywords


Kemampuan Berbicara; Media Poster; Anak Usia 5 – 6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmad, Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arief S, Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Arief S, Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom. Dikbud. dan PT. Raja Grafindo Persada.

Asnawir dan M. Basyiruddin. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Perss.

Azhar, Aryad. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azies & A Alwasilah Chaedar, Furqanul. (2000). Pengajaran Bahasa Komunikatif. Teori dan Prakte. Bandung: Remaja Resdakarya.

Bagong, Susanto. (2005). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media.

Budianto, Irmayanti. M. (2001). Makalah pada Penelitian Semiotika “Aplikasi Semiotik pada Tanda Nonverbal”. Jakarta: LPUI.

Darajat, Zakiah. (1996). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Darwanto Sastro, Subroto. (1992). Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Duta Wacana Universitas Press.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dhieni, Nurbiana dan Fridani, Lara. (2008). Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran.

Djamarah, Saiful Bahri dan Zein, Aswan. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawulan dan Agustin, Syaodih, Mubiar. (2008). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hafid, A. (2002). Buku Bergambar Sebagai Sumber Belajar Apresiasi Cerita di

Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, (Oktober 2002). Vol 9, Nomor 2. Penerbit GBSP FIB Universitas Makasar.

Hasan, Mustafa. (2000). Teknik Sampling. Jakarta: Bumi Aksara.

H.A.R ,Tilaar. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Henry Guntur, Tarigan. 2009. Pengajaran Semiotika. Bandung: Angkasa.

Hurlock, Elisabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elisabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan , cet. 5 (Penerj. Istiwidayanti, dkk.). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elisabeth B. (2000). Perkembangan Anak , Jilid II. Jakarta: Anggota IKAPI.

Hurlock, Elisabeth.B. (2003). Perkembangan Anak, Edisi Keenam.Jakarta : Penerbit Erlangga.

Imam dan Tobroni, Suprayogo. (2001). Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makagiansar M. (2004). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Margono, Sastrosoediro. (2001). Poster Layanan Masyakarat dan Generasi Muda. Yogyakarta: Jalasutra.

Martini, Jamharis. (2003). Pengembangan dan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Program Pendidikan Anak Usia Dini, PPS Universitas Negeri Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudhaffir. (1999). Teknologi Instruktsional: Sebagai Landasan Perencanaan dan Penyusunan Program Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muhammad said, Mursi. (2000). Melahirkan Anak Masya Allah. Jakarta: CV Cendekia Sentra Muslim.

Mukhtar. (2004). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Mizaka Galiza.

Mustaki, Muh. Nur. (2005). Peranan Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan


Article Metrics

Abstract has been read : 3314 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v6i1.3096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN