MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN EGRANG BATHOK KELAPA PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA IV-15

Amini Amini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan egrang bathok kelapa pada anak kelompok B di TK Kartika IV-15 Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Kartika IV-15 Kota Madiun. Objek penelitian adalah keterampilan motorik kasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan egrang bathok kelapa dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar yaitu keseimbangan, kekuatan, dan kelincahan. Peningkatan keterampilan motorik kasar dapat dilihat dari hasil penelitian. Keseimbangan anak pada kondisi awal sebesar 21,43%, pada siklus I mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 67,86%, pada siklus II mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 100%. Kekuatan anak pada kondisi awal sebesar 17,86%, pada siklus I mengalami peningkatan, kekuatan anak menjadi 64,29%, pada siklus II mengalami peningkatan, kekuatan anak menjadi 96,43%. Kelincahan anak pada kondisi awal sebesar 14,29%, pada siklus I mengalami peningkatan, kelincahan anak menjadi 57,14%, pada siklus II mengalami peningkatan, kelincahan anak menjadi 96,43%. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian.

Keywords


eterampilan motorik kasar; permainan egrang bathok kelapa

Full Text:

PDF

References


A. Husna M. (2009). Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET

Aisya Tulla. (2010). Jenis-jenis Permainan. Diambil dari http://digilib.sunanampel.ac.id.

Bambang Sujiono. (2005). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka

________(2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka

Corbin, B. Charles. (1980). A Text Book of Motor Development.

Dubugue Iowa : WM. C. Brown Company Publisher

Diah Rahmatia. 2008. Bagaimana Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Bandung : Shakti Adiluhung

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta : Dikdasmen

________ (2008). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta : Bagian Proyek Olahraga Masyarakat, Direktorat Olahraga Masyarakat

________ (2010). Kurikulum TK (Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di TK). Jakarta : Dikdasmen

Endang Rini Sukamti. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Feronika Evi Retnaningtyas. (2012). Penggunaan Permainan Tradisional Boyboyan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Yos Sudarso Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Diakses dari http://karyailmiah. um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/18816.

Harso Pranoto. (1987). Pendidikan Keterampilan. Jakarta : Depdikbud

Harun Rasyid. (2008). Assesment Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Hurlock, B. Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. (Terjemahan : Med Meitsari Tjandrasa). Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama

Keen Achroni. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta : JAVALITERA

Magill, Richard A. (1989). Motor Learning Concepts and Applications. USA : C. Brown Publishers

Maimunah Hasan. (2010). Pendidikan Anak Usia DinMasitoh, dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka

Mayke Sugianto T. (2005). Bemain, Mainan, dan Permainan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

MS. Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas

Ngalim Purwanto. (2011). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya

Nia Hidayati. (2010). Pentingnya Ketegasan Dalam Mendidik Anak. Diambil dari : http://www.Niahidayatinet/.

Nuri Cahyono. (2011). Permainan Eggrang Bathok Kelapa. Diambil dari : http://permainan-egrang-bathok-kelapa.html.

Purwanto. (2011). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Rika Dian Kurniawan. (2010). Permainan. Diambil dari http://difinicinta.blogspot.com.

Rini Hildayani, dkk. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sainah. (2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Memantulkan Bola Pada Anak Kelompok B1 TK ABA Karanganyar Yogyakarta. Skripsi. UNY

Siti Aisyah. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta : Universitas Terbuka

Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Soegeng Santoso. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta Universitas Terbuka.

Soemarjadi. (1996). Pendidikan Keterampilan. Jakarta : Depdikbud

Suciati, dkk. (2005). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

_________ (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

_________ (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Sukadiyanto. (1997). Penentuan Tahap Kemampuan Motorik Anak SD. Edisi 1 TH III April 1997 Majalah Olahraga. Yogyakarta : FPOK Yogyakarta

Suwarsih Madya. (1994). Penelitian Tindakan. Yogyakarta : IKIP Yogyakarta

Wahyu Purwaningayu Galih. (2012). Penggunaan Tari Gembala Sapi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini untuk MeningkatkanPerkembangan Motorik Kasar Anak di Kelompok A1 TK ABA 06 Malang. Diakses dari http://karyailmiah. um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/18799.

Wijaya Kusuma, Dedi Dwitagama. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Indeks


Article Metrics

Abstract has been read : 1987 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v6i1.3093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN