PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DENGAN MENDENGARKAN/MENYIMAK MENGGUNAKAN BUKU BICARA PADA ANAK TUNA NETRA KELAS XI SMALB PSM TAKERAN

TARBIYATUTTAMMI TARBIYATUTTAMMI

Abstract


Abstract

Quality improvement and education relevance are one of the national development programs which is closely related to human resource development. Many innovations and programs are done, yet a various indicator showed that the quality of education has still not increased significantly. Many problems may appear in performing the instruction learning, especially for a special education. There is many factors caused the instruction enforcement obstacle for exceptional children such as a psychological factor that consist of 1) intelligence factor, 2) attention factor, 3) interest factor, 4) talent factor, and 5) emotional factor. Observing Buku Bicara for exceptional children with blindness is one of teacher effort to improving children’s motivation and interest in its eventual impacted the level of children activity and children learning output. By using Buku Bicara children tend to be more concentrating on the learning material, so their performance will increase. It can be concluded that the used of Buku Bicara for exceptional children with blindness has a good significant result in children learning performance. Buku Bicara is one of the aids used for blindness to get the information. Baku Becerra has a great benefit for the blindness education, on the contrary; Buku Bicara will decrease its benefit if it used the incorrect technique.

 

Abstrak

Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan merupakan salah satu program pembangunan nasional yang sangat erat kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia. Berbagai inovasi dan program telah dilaksanakan namun dari berbagai indikator menunjukkan bahwa mutu pendidikan masih belum meningkat secara signifikan. Dari berbagai lembaga khususnya lembaga pendidikan luar biasa muncul berbagai masalah dalam melaksanakan pembelajaran. Ada beberapa faktor penyebab kendala pelaksanaan pembelajaran pada anak luar biasa diantaranya adalah faktor psikologis yang terdiri dari: 1) Faktor intelegensi, 2) Faktor perhatian, 3) Faktor minat, 4) Faktor bakat, 5) Faktor emosi. Menyimak buku bicara bagi siswa luar biasa khususnya bagi anak tuna netra adalah merupakan salah satu upaya guru untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa yang pada akhirnya berdampak pada angka keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Karena dengan menggunakan buku bicara siswa akan lebih dapat berkonsentrasi pada apa yang diajarkan sehingga prestasinya akan meningkat. Hasil penelitian penggunaan buku bicara pada anak tuna netra menunjukkan hasil yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Buku bicara adalah salah satu alat bantu yang digunakan oleh tuna netra untuk memperoleh informasi. Buku bicara besar manfaatnya bagi pendidikan anak tuna netra namun apabila buku bicara digunakan tanpa teknik yang benar akan mengurangi manfaat pada buku bicara itu sendiri.


Keywords


the ability of the students; listening; talking books; the blind; kemampuan siswa; mendengarkan; buku bicara

Full Text:

PDF

References


Amin, Moh Yusuf Kusuma. MA. 1986. Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: DNIKS.

Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

De Porter Bobby, Mark Readon, Sarah Singe, dkk. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Djuniarto, Eko. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, disampaikan pada Diklat Tingkat Dasar dan Lanjut Guru PLB. Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

H Asnawir dan M. Basyrudin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. Humalik Umar. 1985. Kurikulum dan Pengembangan. Bandung: PT Citra Aditya Bhakti.

____________. 1989. Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bhakti.

Nasir Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riyanto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Tarigan Henry Guntur, 1987. Menyimak. Bandung: Angkasa.

____________. 1997. Orthopedagogik Umum, Materi Pelatihan Konversi In Servic SLB-A MP. A-03. Depdikbud Dirjen Pendidikan Pusat dan Menengah.

Undang K, Misdan. 1980. Kurikulum 1975 dan Teknik-teknik Pengajaran Bahasa. Bandung: FKSS Bandung.


Article Metrics

Abstract has been read : 589 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jp-lppm.v5i1.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JP-LPPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View JP-LPPM Stats