KESENJANGAN REALITAS SIMBOLIK DAN REALITAS EMPIRIK DALAM HADITS NABI MUHAMMAD TENTANG BAKTI IBU KEPADA TIGA KALI BAKTI BAKTI KEPADA AYAH

SITI MUHAYATI, PANJI KUNCORO HADI, DIANA ARISWANTI TRININGTYAS

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine the gaps and the symbolic reality of empirical reality in Hadist Prophet Muhammad on devotion to the mother of three times the devotion to the father. The purpose is achieved by conducting research in Sub Klegen Kartoharjo District of the City of Madiun. Klegen consists of 48 Neighborhood, 2,219 heads of household with a population of 8876 people consisting childhood, early and late teens, adults, seniors. Village residents Klegen the population, the sample is taken from each age level. This research approaches with quantitative methods to the design of ex-post facto. The variable’s symbolic reality (disclosure to the theory of perception) and the empirical reality (disclosure with attitude theory). Instruments research with questionnaires about perceptions and attitudes. Data analysis with statistics. Expected outcomes are journals and teaching materials. The results showed that 1) Residents of villages Klegen in the 20-24 years age Symbolic Reality them (perception) and their empirical reality (attitude) about devotion to the mother three times consecrated the correlation coefficients father entered the category of strong (0.71172071: 0, 60­0.799), and significantly, t0> t (21.6593> 1.690); 2) Residents of villages in the age of 40-44 years Klegen Symbolic Reality them (perception) and their empirical reality (attitude) about devotion to the mother three times consecrated the correlation coefficients father entered the category of very strong (0.819802866: 0.80 to 1.000), and significantly t0> t11 (30.90411268> 1.690); 3) Residents of villages in the age of 60­64 years Klegen Symbolic Reality them (perception) and their empirical reality (attitude) about devotion to the mother three times consecrated the father is no correlation coefficients categorized as very strong (0.982081: 0.80 to 1.000), included in the category of very strong and significant, t0 > t1 (83,8640059).


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesenjangan realitas simbolik dan realitas empirik dalam Hadits Nabi Muhammad tentang bakti kepada ibu tiga kali bakti kepada ayah. Tujuan tersebut tercapai dengan mengadakan penelitian di Kelurahan Klegen Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Kelurahan Klegen terdiri dari 48 Rukun Tetangga, 2.219 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk 8.876 orang yang terdiri kanak-kanak, remaja awal dan akhir, dewasa, manula. Warga 0> t1 Kelurahan Klegen merupakan populasi, sampelnya diambil dari tiap jenjang usia. Pendekatan penelitian ini dengan metode kuantitatif dengan desain ex-post facto. Variabelnya adalah realitas simbolik (pengungkapannya dengan teori persepsi) dan realitas empirik (pengungkapannya dengan teori sikap). Intrumens penelitian dengan angket tentang persepsi dan sikap. Analisa datanya dengan statistik. Luaran yang diharapkan adalah jurnal dan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Warga kelurahan Klegen dalam usia 20-24 tahun Realitas Simbolik mereka (persepsi) dan Realitas Empirik mereka (sikap) tentang bakti pada ibu tiga kali bakti pada ayah koefisian korelasi masuk pada kategori kuat (0,71172071: 0,60 – 0,799 ), dan signifikan, t (21,6593); 2) Warga kelurahan Klegen dalam usia 40-44 tahun Realitas Simbolik mereka (persepsi) dan Realitas Empirik mereka(sikap) tentang bakti pada ibu tiga kali bakti pada ayah koefisian korelasi masuk pada kategori sangat kuat (0,819802866: 0,80 – 1,000), dan signifikan t0> t (30,90411268 >1.690); 3) Warga kelurahan Klegen dalam usia 60-64 tahun Realitas Simbolik mereka (persepsi) dan Realitas Empirik mereka(sikap) tentang bakti pada ibu tiga kali bakti pada ayah ada koefisian korelasi masuk kategori sangat kuat (0,982081: 0,80 – 1,000), termasuk pada kategori sangat kuat dan signifikan, t0 > t1 (83,8640059).


Keywords


symbolic reality (perception); the empirical reality (attitude); Hadist Prophet Muhammad; realitas simbolik (presepsi); realitas empirik (sikap); Hadits Nabi Muhammad SAW;

Full Text:

PDF

References


Aart van Zoest. 1990. Fiksi dan nonfiksi dalam Kajian Semiotik. Jakarta: Intermasa.

Ahmad al Hallaj al Kurdiy. 2013. Fikih Wanita Perempuan dalam Syariat Islam. Solo:Abyan.

Al-Mundziri. 2000. Ringkasan Hadits Shahih Muslim. Jakarta: Pustaka Amam.

Andre Hardjana. 1994. Kritik Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Bimo Walgito. 1980. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya,Juz 1-Juz 30, Surabaya: Mahkota. email: gunmail2001@yahoo.com http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8446

http://ayhiieanita.blogspot.com/2012/11/psikologi-sikap-dan perkembangan_740.html

https://fennywongso.wordpress.com/category/psikologi-sosial/

https://krizkrisna.wordpress.com/tag/pembentukan-sikap/

http://nurkhairat.blogspot.com/2013/03/sikapdan-perilaku-sosial.html

http://www.riaupos.co/1089-kolom-realitassimbolik,-realitas-empirik.html

Kartini Kartono. 1992. Psikologi Wanita (Jilid 2) Mengenal Wanita Sebagai Ibu & Nenek. Bandung: Mandar Maju. Rachmat Djoko Pradopo. 1993. Panduan Pembaca Teori Sastra Masa Kini. Yogyakarta: Gadjah Mada UniversityPress.

________. 2002, Pengkajian Puisi Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees.

_________. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 757 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jp-lppm.v5i1.949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JP-LPPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View JP-LPPM Stats