IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL WIKU DALAM JENJANG PENDIDIKAN

Sukian Wilujeng, Hery Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba augmented reality dengan menggunakan WIKU visual dapat diterapkan pada jenjang SMP, SMA, atau S1 jurusan biologi. Metode yang digunakan pada tahap 1 menentukan jenjang sekolah, penentuan footprint sekolah didasarkan pada isi media pembelajaran (content) yaitu pada augmented reality dengan menggunakan visual WIKU yaitu mata pelajaran yang menjelaskan tentang struktur morfologi pada Wijaya Kusuma bunga. Dari hasil pertimbangan tersebut ditentukan tiga jenjang sekolah yaitu SMP, SMA dan S1 jurusan Biologi sebagai sampel dari uji coba. Tahap 2 membuat angket, pembuatan angket sehingga dapat diketahui respon siswa-siswa, untuk menilai augmented reality menggunakan visual WIKU baik dari segi antarmuka aplikasi dan konten aplikasi yang ada. Kuesioner divalidasi kepada pihak-pihak yang berkompeten di bidangnya. Analisis data tahap 3, data hasil angket dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga diperoleh jenjang sekolah mana yang masih menerapkan augmented reality dengan menggunakan WIKU visual ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan SMP yang memberikan nilai baik dengan bobot 4 pada augmented reality dengan menggunakan WIKU visual, artinya augmented reality dengan menggunakan visual wiku dapat diterapkan pada pendidikan SMP. Hasil data angket dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga diperoleh jenjang sekolah mana yang masih menerapkan augmented reality dengan menggunakan WIKU visual ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan SMP yang memberikan nilai baik dengan bobot 4 pada augmented reality dengan menggunakan WIKU visual, artinya augmented reality dengan menggunakan visual wiku dapat diterapkan pada pendidikan SMP. Hasil data angket dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga diperoleh jenjang sekolah mana yang masih menerapkan augmented reality dengan menggunakan WIKU visual ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan SMP yang memberikan nilai baik dengan bobot 4 pada augmented reality dengan menggunakan WIKU visual yang artinya augmented reality dengan menggunakan visual wiku dapat diterapkan pada pendidikan sekolah menengah pertama.


Keywords


Implementation, AR, Visual Wiku, Educational Level

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 160 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v8i2.9226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya indexed by:

Copyright Florea: Jurnal Biologi & Pembelajarannya

View Florea Stats