PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardila, C. Corebima, A.D. & Zubaidah, S. (2013). Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Permberdayan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Malang: Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang. (Online)
Corebima, A. D. (2009). Metacognitive Skill Measurement Integrated In Achievement Test. State University of Malang. (Online). (http://recsam.edu.my/cosmed/cosmed09/AbstractsFullPapers2009/Abstract/Science Parallel PDF/Full Paper/01, diakses 9 September 2017).
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Hurriyati, R. (2016). Kualitas Guru Kita. Bandung: Pikiran Rakyat. (Online). (http://www.pikiran-rakyat.com/opini/2016/05/04/kualitas-guru-kita-368286, diakses 10 September 2017)
Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kizkapan, O., Bektaş, O.(2017). The The Effect of Project Based Learning on Seventh Grade Students’ Academic Achievement. International Journals of Instruction. 10 (1)
Kompas. (2016). Daya Imajinasi Siswa Lemah. hlm 11. (Online) (http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah, diakses 9 September 2017).
Mayasari, H. (2010). Kajian tentang Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Putra dan Putri Kelas XI SMA Negeri di Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Malang.
Nadhiroh, H.A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X4 SMAI Ma’arif Singosari. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. (Online).
Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). (2016). Programme For International Student Assessment (PISA) Result from Pisa 2015: Country Note Indonesia. (Online).
Ramdiah, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Putra dan Putri Kelas XI SMA di Kota Banjarmasin. Artikel disajikan pada Seminar Nasional X, Pendidikan Biologi FKIP UNS, Semarang, 2013.
Corebima, Duran A. (2014). Learning Strategy Equalizing Students’ Achievement, Metacognitive, and Critical Thinking Skills. American Journal of Educational Research, 2014, Vol. 2, No. 8, 577-584.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru: Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sianturi, M. J.(2016). Profil Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Biologi pada Kelas XI MIA di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: FKIP Universitas Jambi. (Online).
Tempo.co. (2016). Kualitas Lulusan SMA di Kalimantan Selatan Menurun. (Online). (https://nasional.tempo.co/amp/769907/kualitas-lulusan-sma-di-kalimantan-selatan-menurun, diakses 9 September 2017).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 .(2016). Sistem Pendidikan Nasional.
Widoretno, S. Ramli,M. & Dzaky, Durrotun Adz. (2016). Keterampilan Metakognisi melalui Project Based Learning pada Materi Reproduksi SMA. Proceeding Biology Education Conference. Vol 13 (1) 2016: 377-380.
Article Metrics
Abstract has been read : 1238 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v7i1.6525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya indexed by:
Copyright Florea: Jurnal Biologi & Pembelajarannya
View Florea Stats