Komparasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected dan Webbed melalui LSLC terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 11 Semarang

Ayu Fitriani, Eko Retno Mulyaningrum, Rivanna Cittraning Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi pembelajarn IPA terpadu tipe connected  dan tipe webbed terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan di SMP Negeri 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen non-equivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menghasilkan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 1 (connected) dan VIII G sebagai kelas eksperimen 2 (webbed). Instrumen yang digunakan dalam bentuk tes pilihan ganda, lembar observasi terbuka dan lembar wawancara. Penelitian dilakukan karena banyak guru yang tidak mengetahui tentang  pembelajaran IPA terpadu, hasil belajar kognitif siswa masih rendah dan untuk mengukur profesionalisme guru melalui lessnon study for learning community terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata skor pretest pada kelas eksperimen 1 adalah 56,12 dan kelas eksperimen 2 skor rata-ratanya adalah 55,07. Sedangkan rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen 1 adalah 74,2 dengan kriteria baik dan pada kelas eksperimen 2 adalah 80,1 dengan kriteria sangat baik. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rata-rata skor hasil belajar kognitif siswa dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 0,4204 dan ttabel = 2,0243 yang berarti hipotesis diterima. Nilai rata-rata posttest hasil belajar kognitif kelas eksperimen 2 lebih tinggi dari kelas eksperimen 1 sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan pembalajaran IPA terpadu tipe connected dan webbed melalui LSLC terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan di SMP Negeri 11 Semarang dan IPA terpadu. Komparasi hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia yang memiliki presentase dengan kriteria sangat baik adalah pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dan pembelajaran IPA terpadu tipe connected memiliki presentase dengan kriteria baik melalui Lesson Study for Learning Community sehingga pembelajaran IPA terpadu yang efektif untuk digunakan pada materi sistem pernapasan manusia melalui lesson study for learning community di SMP N 11 Semarang adalah tipe webbed.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darwin, Marly dan Kresnadi. 2012. Peningkatan Minat Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 17 Mengkatang. Artikel penelitian. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tanjungpura. Dari: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1862/pdf (diakses 21 Oktober 2017

Departemen Pendidikan Nasioanal. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas.

Fajri, K. R., Ardi. 2013. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII Mtsn Durian Tarung Padang. Jurnal Program Study Pendidikan Biologi STKIP PGRI. Vol 1. Nomor 2, Januari 2013 hlm 1-7. Dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=182491&val=6308&title=HUBUNGAN%20MINAT%20BELAJAR%20DENGAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA-BIOLOGI%20SISWA%20KELAS%20VIII%20MTsN%20 DURIAN%20TARUNG%20PADANG (diakses 21 April 2018)

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. Diakses pada 10 Juni 2017 (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21).

Mahmudi, A. 2009. Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Forum Kependidikan FKIP UNSRI Volume 28, Nomor 2, Maret 2009 hlm 1-10. Dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2007%20Jurnal%20UNSRI%202009%20_Lesson%20Study_.pdf. (diakses 21 April 2018)

Majid, A. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muchsen, dkk. 2016. Penerapan pembelajaran IPA terpadu tipe connected dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tentang materi sistem peredaran darah manusia di kelas VIII A SMP Negeri 17 Palu. e-Jurnal MitraSains, Volume 4 Nomor 4, Oktober 2016 hlm 1-13. Dari: file:///C:/ Users/samplex/ Downloads/7031-23504-1-PB%20(2).pdf. (diakses 15 November 2017)

Prihantoro, C., dan Rudy. 2011. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Lesson Study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.17 Nomor 1, Januari 2011, hlm.100-108. Dari: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id. (Diakses 25 April 2018).

Rahayu, P., Mulyani, S., dan Maswadi, S.S. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Learning melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, hal. 63-70. Dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej,. (Diakses 28 Januari 2018).

Supranoto, Heri.2015.P enerapan Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru SMA Binamulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, ISSN:2337-4721 Vol.3 No.2 (2015) 21-28. Dari: http://fkip.umnetro.ac.id. (Diakses 10 April 2018).

Wulandari, R., Shayputra, R., dan Sartika, R.P. 2015. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Connected Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Pontianak. Jurnal pendidikan Kimia FKIP UNTAN Pontianak. Dari: file:///C:/Users /samplex/Downl oads/14446-43970-1-PB.pdf (Diakses pada tanggal 15 November 2017)

Yonny, A., dkk. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Zakiyah, I., dkk. 2013. Penerapan pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Pada Tema Kebakaran Hutan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa,Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013,66-71. Dari:http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/search/ titles?searchPage=10. (Diakses: 27 Januari 2018)


Article Metrics

Abstract has been read : 69 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v5i2.3147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.