ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ZOOLOGI VERTEBRATA DI MASA PANDEMI COVID19
Abstract
Pandemi Covid19 memberikan perubahan pada perkuliahan zoologi vertebrata yang semula secara tatap muka menjadi dalam jaringan. Perubahan ini memicu adanya kesulitan dan kebutuhan belajar mahaiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan belajar mahasiswa dalam perkuliahan zoologi vertebrata di masa pandemi Covid19. Metode yang digunakan adalah survei pada 140 mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat sepuluh kebutuhan belajar mahasiswa dalam menempuh mata kuliah zoologi vertebrata secara daring yaitu laptop/gadget, internet dan kuota, metode pembelajaran, media pembeljaaran, e-learning, buku referensi, bahan ajar jurnal, buku panduan praktikum dan kamus nama ilmiah. Kebutuhan belajar mahasiswa dengan kriteria tinggi dan menjadi prioritas antara lain buku referensi (88%), internet dan kuota (87%), buku panduan praktikum (85%), kamus nama ilmiah (82%), bahan ajar (76%) dan e-learning (75%). Kebutuhan belajar mahasiswa dengan kriteria rendah antara lain media pembelajaran (45%), metode pembelajaran (40%), jurnal 40% dan laptop/gadget (10%). Hasil penelitian ini diharapkan menjadi refleksi dan dasar untuk pengembangan perkuliahan zoologi vertebrata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambinari, M., Yuhanna, W. L., & ... (2019). Penyusunan Modul Anatomi Dan Histologi Hewan Berbasis Hasil Penelitian. Prosiding Seminar …, September, 29–35. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/635
Astuti, W. D., & Listyorini, D. (2017). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATAKULIAH Astuti et al , Analisis Kebutuhan Media Astuti et al , Analisis Kebutuhan Media. April, 193–195.
Daulay, N., Gultom, T., & Restuati, M. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Genetika Mendel Pada Matakuliah Genetika Di Universitas Negeri Medan. Jurnal Biolokus, 3(2), 342. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.799
Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 2–5.
Hidayati, N., & Irmawati, F. (2019). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Era Digital 4.0: Multimedia Anatomi Fisiologi Manusia dengan Model STEM Education di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 110–117. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38405/25440
Hidayati, N., & Pangestuti, A. A. (2017). Analisis Kebutuhan E-Modul Biologi Sel Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Prosiding Seminar Nasional Hayati V 2017, 283–288. https://www.academia.edu/36381246/Analisis_Kebutuhan_E_Modul_Biologi_Sel_untuk_Mahasiswa_Program_Studi_Pendidikan_Biologi_IKIP_Budi_Utomo_Malang
Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bio - Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(96–99), 96–99. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/27636
Iza, N., & Mistianah. (2017). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian Materi Variasi Genetik Matakuliah Evolusi untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Prosiding Seminar Nasional Hayati V, 217–223.
Kurniawan, I. S., Tapilouw, F. S., Hidayat, T., & Setiawan, W. (2020). Enhancing classification skills using i-bird apps in zoology vertebrata course. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(17), 14–35. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i17.13561
Lukitasari, M., Handhika, J., & Murtafiah, W. (2016). Analisis kebutuhan e-portofolio berbasis metakognisi untuk meningkatkan ketrampilan Abad 21. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 93–96. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5664/5032
Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1120–1124.
Prasetyo, M. M. (2016). Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Biotek, 4(1), 1–20. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/1766/1721
Probowati, A., Gofur, A., & Lukiati, B. (2020). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Fisiologi Hewan dan Manusia pada Jurusan Biologi. 1, 743–748.
Rahmadi, I. F., Khaerudin, K., & Kustandi, C. (2018). Kebutuhan Sumber Belajar Mahasiswa yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perguruan Tinggi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 120–136. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8620
Serena, N. A., Suarsini, E., & Lukiati, B. (2020). Ajar pada Matakuliah Bioprospeksi. 700–705.
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Wiwi Noviati. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 7–11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258
Yuhanna, W. L., & Retno, R. S. (2016). the Learning of Science Basic Concept By Using Scientifiq Inquiry To Improve Student’S Thinking, Working, and Scientific Attitude Abilities. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.2703
Yuhanna, W. L., & Retno, R. S. (2018). Pengembangan Modul Zoologi Vertebrata Terintegrasi Scientific Inquiry The Developing Module of Vertebrate Zoology Integrated by Scientific Inquiry. 15, 614–619.
Article Metrics
Abstract has been read : 2672 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8803
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats