Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Gingga Prananda, Sonia Yulia Friska, Wiwik Okta Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media konkret ceker terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan Quasi Experiment dengan Desain Pretest Posttest Control Group Desaign. Sampel penelitian ini sebanyak 28 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling  dimana SD N 01 Tarantang sebagai kelas eksperimendan SD N 03 Tarantang sebahai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji t diperoleh thitung yaitu 2,3995 sedangkan ttabelpada taraf signifikanα = 0,05 didapatkan thitung yaitu 2,3995dan ttabel sebesar 2,056. Diperoleh thitung> ttabel (2,3995>2,056). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat penggaruh penggunaan media konkret ceker terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN gugus VII Harau.


Keywords


media konkret ceker;hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD Hadist Awalia Fauzia. Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika Hadist Awalia Fauzia, 7(April), 40–47.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304–314.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6((2, Oktober)), 122–130.

Puspawati, K., Sudarma, I. K., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Ejournal Undiksha, 2(1), 1–10.

Sembiring, R. B., & . M. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166

Yuliana, N. D., & Budianti, Y. (2015). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik, III(1), 34–40. file:///C:/Users/User/Downloads/1258-Article Text-3407-1-10-20180628.pdf


Article Metrics

Abstract has been read : 7746 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats