Desain Hypothetical Mathematics Learning Trajectory Pada Dimensi Tiga

Fitriani Fitriani

Abstract


Hasil observasi dan wawancara dengan beberapa siswa yang dilakukan di MTs Negeri 1 Aceh Tamiang ditemukan bahwa siswa sulit mempelajari matematika dikarenakan hanya berpaduan pada buku cetak yang dibagikan di sekolah. Salah satu bahan ajar yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa adalah dengan menggunakan Hypothetical Mathematical Learning Trajectory. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kriteria kevalidan dari desain Hypothetical Mathematical Learning Trajectory pada dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode penelitian kombinasi model sequential exploratory dengan design research yang meliputi Preparing for the experiment, Experiment in the classroom., dan Restrospective analysis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa desain Hypothetical Mathematical Learning Trajectory pada dimensi tiga memiliki kriteria valid. Desain Hypothetical Mathematical Learning Trajectory pada dimensi tiga masih asing digunakan bagi guru maupun siswa, oleh karenanya perlu disosialisasikan oleh sekolah atau lembaga terkait dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar matematika sisw


Keywords


Hypothetical Mathematics Learning Trajectory, Dimensi Tiga

Full Text:

PDF

References


Erman, S. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika kontemporer. JICA-FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

NCTM. (2008). Principles and Standards for School Mathematics. Reston.

Pangestu, A. (2018). Peran Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Memajukan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Membangun Bangsa.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Prayitno, L. L., & Kurniawan, A. P. (2017). Learning Trajectory Siswa dalam Memecahkan Masalah Kelipatan Persekutuan Terkecil Ditinjau dari Kemampuan Matematika. JURNAL REVIEW PEMBELAJARAN MATEMATIKA JRPM.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods. Alfabeta.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Thiagarajan, Sivasailam, & dkk. (1974). Intrucsional Development for Tranining Teacher of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System.


Article Metrics

Abstract has been read : 366 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats