PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATERI FLUIDA STATIS

Soka Hadiati, Adi Pramuda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing dan inkuiri
bebas termodifikasi terhadap terhadap prestasi belajar psikomotor. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidika fisika semester dua STKIP
PGRI Pontianak tahun akademik 2011-2012, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan
secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Satu kelas eksperimen 1
dengan metode inkuiri terbimbing dan satu kelas eksperimen 2 dengan metode inkuiri bebas
termodifikasi. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar psikomotor dengan metode
pengamatan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inkuiri
terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi berorientasi pendidikan karakter terhadap prestasi
belajar psikomotor.

 


Keywords


Metode Inkuiri Terbimbing, Metode Inkuiri Bebas Termodifikasi, Prestasi Belajar Psikomotor, Fluida Statis.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 461 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v1i1.774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats