HAKEKAT ASESMEN AUTENTIK DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Yuni Pantiwati

Abstract


Asesmen merupakan proses mencari informasi. Asesmen dapat dilakukan tanpa evaluasi,
tetapi evaluasi tidak dapat dilakukan tanpa asesmen. Asesmen autentik merupakan suatu penilaian
yang dilakukan melalui penyajian atau penampilan oleh siswa dalam bentuk pengerjaan tugas-tugas
atau berbagai aktivitas tertentu yang langsung mempunyai makna pendidikan. Pembelajaran
Biologi mejadi bermakna bila menggunakan asesmen yang tepat yaitu asesmen autentik karena
tidak cukup memahami pengatahuan Biologi saja tetapi dituntut dapat memecahkan masalah dalam
kehidupan sehar-hari. Pendekatan yang digunakan dalam mempelajari Biologi melalui Pendekatan
Keterampilan Proses, pendekatan ini juga menuntut penilaian yang autentik.


Keywords


Asesmen Autentik, Biologi, Pendekatan Keterampilan Proses

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1305 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats